Loyalitas Konsumen pada Merek di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi belanja.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Loyalitas pelanggan adalah ukuran kemungkinan pelanggan untuk melakukan bisnis atau transaksi yang berulang dengan suatu perusahaan atau merek. Ini adalah hasil dari kepuasan pelanggan, pengalaman pelanggan yang positif, dan nilai keseluruhan dari barang atau jasa yang diterima pelanggan dari sebuah bisnis.

Bangun Loyalitas Pelanggan Lewat Teknologi dan Inovasi

Karena memiliki kepuasan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang digunakan, akan cenderung timbul rasa untuk merekomendasikan produk atau jasa tersebut ke orang lain, agar mereka dapat merasakan kepuasan seperti apa yang dirasakan saat menggunakan produk atau jasa yang di gunakan.

Menurut saya, pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, sebagian konsumen masih setia pada merek tertentu untuk pembelian produk kebutuhan sehari-hari mereka. Tetapi untuk pembelian produk terkait dengan pandemi (hand sanitizer, masker, cairan disinfektan) maka orang tidak mementingkan merek.

Bantah Qodari, Sekjen AMPG Ngaku Jadi Saksi Perjuangan Airlangga Menangkan Prabowo-Gibran

Mereka lebih mengutamakan ketersediaan produk dengan pengertian pembeli akan mencari merek produk lain sebagai pengganti dari merek produk yang mereka cari jika ketersediaannya habis atau langka.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa dalam keadaan tertentu, kesetiaan merek tidak menjadi hal yang utama bagi konsumen dalam pembeliannya. Mereka akan membeli produk merek apapun dalam keadaan yang mendesak seperti yang terjadi saat pandemi sekarang ini, dimana pemenuhan kebutuhan tidak lagi didasarkan kepada merek tetapi memprioritaskan ketersediaan produk yang ada walaupun dengan merek berbeda.

Apresiasi Konsumen untuk Tingkatkan Loyalitas
Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Alex Marwata Bilang Ada Loyalitas Ganda di KPK, ICW Singgung Wibawa Pimpinan dan Rekrutmen

ICW menyoroti terkait pernyataan pimpinan KPK Alexander Marwata soal adanya loyalitas ganda para penyelidik, penyidik dan penuntut umum.

img_title
VIVA.co.id
2 Juli 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.