COVID-19 Menjadi Sumber Keberuntungan bagi Jasa Pengiriman Barang
- vstory
VIVA – Di tahun 2020, kita tidak asing lagi dengan adanya virus covid-19. Corona atau biasa yang di sebut covid-19 merupakan virus yang penyebaran sangat mudah dan cepat, dan pada akhirnya segala aktivitas warga dihentikan, yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus.
Warga juga dianjurkan untuk bekerja dan beraktivitas di rumah aja, selama pandemi covid-19. Hal ini menyebabkan kerugian besar yang di alami oleh pembisnis, pedagang, perusahaan, dan masyarakat sipil lainnya. Tetapi ternyata, hal ini tidak terlalu mempengaruhi perusahaan jasa pengiriman barang.
Pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan dalam jasa pengiriman barang. Industri kurir di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat karena adanya perubahan perilaku masyarakat untuk belanja online atau melalui e-commerce. Peningkatan belanja online terjadi karena masyarakat memilih untuk memenuhi kebutuhan melalui online, karena hal tersebut sesuai dengan peraturan kebijakan pemerintah untuk Work from Home (WFH).
Melalui data RedSeer, tercatat pengguna layanan e-commerce meningkat hingga 69%. Pertumbuhan e-commerce pada masa pandemic ini membuka peluang besar bagi jasa pengiriman barang di Indonesia, baik pengiriman domestik maupun luar negeri.
Karena adanya pandemic covid-19, maka jasa pengiriman barang berperan penting sebab membantu mengurangi penyeberan virus corona. Masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk COD (cash on delivery) dan juga pembelian melalui online dilakukan tanpa perlu berinteraksi dengan kurir pengiriman. Hal ini menunjukkan bisnis tetap dapat berjalan dan bertahan di tengah pandem seperti ini. Alasan pelanggan memilih jasa pengiriman barang karena ongkos kirim yang terjangkau dan juga pengiriman yang cepat.
Layanan yang harus dijaga dari jasa pengiriman barang selama masa pandemi adalah kendaraan yang andal agar proses pengiriman berjalan lancar. Transportasi menjadi peran penting bagi berjalannya pengiriman barang, salah satunya untuk menjaga barang yang akan dikirim agar tetap aman dan tidak rusak. Transportasi yang digunakan berbeda-beda sesuai dengan rute yang akan di tempuh.
Hal lain yang harus dijaga oleh jasa pengiriman barang yaitu kiriman yang akan diterima oleh pelanggan harus tepat waktu, dan barang tersebut tetap terjaga kondisininya, tidak rusak ataupun hilang. Karena kepuasan pelanggan menjadi hal yang penting bagi perusahan jasa pengiriman barang.