Inilah Prospek Lulusan Ilmu Komunikasi Menuju Era Society 5.0
- vstory
VIVA - Jepang telah memperkenalkan terminologi baru dalam tipologi masyarakat, yaitu ‘Society 5.0’ atau dikenal ‘Masyarakat 5.0’. Tipologi kelima ini mewakili bentuk masyarakat ke-5 dalam sejarah manusia yang sebelumnya terdapat masyarakat berburu, bertani, industri, dan informasi. Masyarakat 5.0 merupakan masyarakat cerdas yang berjaringan dalam integrasi teknologi yang supercerdas.
Kepala program studi Ilmu Komunikasi (S1) kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Anisti menyebutkan bahwa era Society 5.0 memperlihatkan cara manusia berkomunikasi dengan atau dimediasi teknologi (digital dan siber) untuk mencapai tujuannya.
“Yang perlu disikapi dalam kondisi masyarakat 5.0 ialah kecerdasan manusia dalam membangun jaringan yang memanusiakan kembali interaksi dan komunikasi antarmanusia yang telah termediasi oleh teknologi cerdas ciptaan manusia,” tuturnya, Kamis (24/12/2020).
Dia menyatakan, ilmu komunikasi menjadi sebuah cabang ilmu relatif baru, dalam proses in making, serta masih butuh dayungan ilmu atas zaman agar menjadi salah satu cabang ilmu yang mapan dan kontributif mengikuti era society 5.0.
Menurutnya, pada era society 5.0 ini media komunikasi massa seperti Internet, TV, radio, koran, majalah, tabloid sudah mengalami kemajuan yang sangat cepat dengan diikuti perkembangan pada bidang lain seperti advertising dan public relation yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ilmu komunikasi.
“Prodi Ilmu Komunikasi peminatan Advertising dan Public Relation merangkum semua teori tersebut dalam satu disiplin ilmu yang dapat diaplikasian dari berbagai bidang dan memenuhi prospek kerja peminatan lulusannya pada era society 5.0,” ujarnya.
Prospek kerja lulusan Advertising antara lain Account Executive, Copy Writer, Art Director, Media Planner dan Buyer, Graphic Designer dan Digital Art Director. Sedangkan, pada jenjang strata satu yakni Digital Strategist, Account Manager, dan Strategic Planner.
Di UBSI sendiri, untuk menunjang karier lulusan Advertising, mahasiswa-mahasiswinya difasilitasi dengan sertifikasi kompetensi dan vendor, seperti desain grafis junior, content social media, Animasi, dan Sertifikasi BNSP bidang Periklanan KKNI Level 6.
Untuk prospek kerja lulusan Public Relation jenjang vokasi terdiri dari Public Relations Officer, Event Organizer, dan Public Speaker. Sedangkan pada jenjang strata satu yakni Senior Public Relations Officer, Marketing Public Relations, dan CSR Officer.
Ia pun berharap lulusan Prodi Ilmu Komunikasi dapat menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan ilmunya baik secara verbal dan non verbal mengikuti zaman menyambut era society 5.0.