Memetik Makna Kurban Dalam Kehidupan

Kurban.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebentar lagi umat Muslim akan segera merayakan Idul Adha atau hari raya kurban. Hari besar ini biasanya akan disambut suka cita oleh semua warga Muslim di berbagai daerah belahan dunia. Tidak terkecuali di tanah air, momen ini tentunya dirangkai dalam bentuk salat Idul Adha secara berjamaah.

Jadi Salah Satu Pemain Mualaf di Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen Ditanya Makan Apa di Idul Adha

Yang selanjutnya disusul dengan kegiatan penyelengaraan penyembelihan hewan kurban berupa sapi, kerbau dan kambing. Selain penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban, tentunya ada banyak makna yang tersirat yang perlu kita petik dan amalkan.

Kurban bagi mereka yang dianggap mampu. Di sini jelas bahwa berkurban memiliki nilai sosial yang tinggi. Islam mengajarkan tentang kepedulian antar sesama, mereka yang mampu berbagi dengan mereka yang kurang mampu. Sehingga mereka yang memiliki harta lebih, dapat menyisihkannya untuk saudara-saudara Muslim lainnya yang membutuhkan.

Pastikan Keamanan Pasokan Energi, Komut dan Dirut Pertamina Turun Langsung Cek Kesiapan di Lapangan

Tentunya semua itu melalui makna kurban. Selain itu, kurban juga mengajarkan manusia tentang bagaimana untuk selalu berbuat keikhlasan. Sebagaimana, ikhlasnya Nabi Ibrahim AS mendapat perintah Allah untuk menyembelih Ismail AS. Kemudian, Allah menggantinya dengan seekor domba.

Lagi-lagi di sini terdapat sebuah makna penting. Setiap segala sesuatu yang kita kerjakan dan kita perbuat adalah semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ikhlas menyisihkan harta yang kita peroleh di dunia dan tulus karena Allah. Jauhkan segala rasa angkuh, jauhkan segala rasa sombong dan rakus, jauhkan segala perbuatan pujian-pujian yang dapat merusak nilai ibadah.

Dikenal Sebagai Mualaf, Ragnar Oratmangoen Jadi Bintang Iklan Kurban Iduladha 2024
Pertamina Grup menyalurkan 4.493 hewan kurban

Berbagi di Hari Raya Iduladha, Pertamina Salurkan 4.493 Hewan Kurban

Merayakan Iduladha 1445 H, Pertamina Grup berbagi kebahagiaan dengan menyalurkan sekitar 4.493 hewan kurban di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.