Peran Statistika dalam Strategi Bisnis

Seminar "Cerdas dalam Keuangan menuju Kemandirian"
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) FMIPA Universitas Padjadjaran (Unpad), menyelenggarakan Seminar Nasional Statistika III. Seminar ini akan membahas mengenai, “Peranan Statistika di Bidang Pemasaran dalam Penyusunan Strategi Bisnis.” Seminar akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 Oktober 2012 di Bale Sawala Unpad Jatinangor.

Ungkit Kembali Pengepungan Brimob, Jaksa Agung Disebut Sedang Alihkan Isu

Tujuan dari Seminar Nasional Statistika III ini, yaitu pertama, mewujudkan suatu media untuk saling bertukar ide, permasalahan, dan solusi melalui berbagai narasumber baik para akademisi, praktisi, maupun peneliti.

Kedua adalah membuka wawasan yang akan memotivasi para statistisi, praktisi, akademisi, peneliti, dan mahasiswa umum yang berkaitan. Khususnya statistika untuk berkarya lebih banyak lagi, dalam mendukung kemajuan teori dan penerapannya dalam berbagai bidang ilmu.

Kemenekraf Latih Santri Jadi Konten Kreator Dakwah Kreatif

Era globalisasi mengakibatkan terjadinya pasar bebas di Indonesia. Hal ini tidak dapat dihindari oleh para pelaku bisnis Indonesia, karena pesaing akan berdatangan dari berbagai negara untuk memperebutkan pangsa pasar Indonesia.

Situasi persaingan mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang baik, rasional, dan berdasarkan data. Hal ini menuntut perlunya peranan statistika di bidang pemasaran dalam penyusunan strategi bisnis.

Program Ini Berikan Dampak Lebih Luas

Strategi bisnis merupakan proses identifikasi, pengumpulan, analisis, penyebaran, dan penggunaan manajemen dalam membuat keputusan. Yang berhubungan dengan identifikasi dan solusi permasalahan pemasaran.

Dengan adanya strategi bisnis, produsen akan dapat memilih satu atau lebih segmen pasar yang dijadikan target market. Selain itu, menentukan posisi yang diinginkan oleh konsumen.

Berdasarkan hal itu, komponen strategi bisnis adalah segmentation, targeting, dan positioning. Strategi bisnis akan berinteraksi, mempengaruhi taktik, dan nilai bisnis. Komponen taktik bisnis terdiri differentiation, marketing-mix, dan selling. Sedangkan komponen value bisnis adalah brand, service, dan process (Hermawan Kertajaya, 2005).

Statistika berperan dalam mengukur komponen-komponen strategi, taktik, dan nilai bisnis melalui riset pemasaran.

Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono di NTB (Istimewa)

Mardiono Perintahkan Kader PPP NTB Menangkan Pilkada 2024

Mardiono menyebutkan hingga kini mesin partai masih terus semangat berjuang memberikan kontribusi dalam pemenangan Pilkada 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2024