Terungkap, Cawabup Pamekasan Ternyata Hadir saat Bagi-bagi Uang di Acara Tahlilan

Calon Wakil Bupati Pamekasan Sukriyanto hadir dalam acara Tahlilan
Sumber :
  • Istimewa/Veros Afif

Pamekasan, VIVA – Video viral di media sosial memperlihatkan dugaan praktik money politics oleh salah satu tim calon bupati Pamekasan. Dalam video tersebut, tim yang mendukung pasangan calon Kharisma tampak membagikan amplop berisi uang dan stiker. Kejadian ini diduga melanggar Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

2018 jadi Rival, Djarot dan Edy Rahmayadi Bersatu di Pilgub Sumut 2024 Lawan Bobby Nasution

Insiden ini terjadi pada Senin (28/10/2024) di Desa Bujur Timur, Kecamatan Waru, saat acara tahlilan. Selain tim calon, calon wakil bupati Sukriyanto juga hadir dan memberikan sambutan kepada warga. Salah satu warga setempat yang enggan disebutkan namanya mengkonfirmasi bahwa Sukriyanto turut hadir dalam acara tersebut.

Viral! Tim Calon Bupati Pamekasan Bagi-bagi Uang di Acara Tahlilan

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial
Debat Kedua Pilkada Saling Serang, Dharma Pongrekun: Enggak Tuntas karena Waktunya Dibatasi

Kejadian ini menuai pro dan kontra di masyarakat, serta menarik perhatian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan. Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Pamekasan, Suryadi, menyatakan bahwa rapat pleno telah dilakukan dengan tim gabungan dari kejaksaan, kepolisian, dan Bawaslu. "Video ini menjadi temuan Bawaslu sebagai dugaan pelanggaran tindak pidana pemilihan," jelas Suryadi.

Menurut Pasal 187 (A) Ayat 1, pelanggaran ini dapat dikenakan sanksi penjara minimal 2 tahun dan maksimal 6 tahun, atau denda antara 200 juta hingga 1 miliar rupiah. Bawaslu Pamekasan berencana memanggil dua pemuda yang terlibat dalam video tersebut untuk dimintai keterangan (Veros Afif/Pamekasan)

Debat Seru Calon Gubernur Jambi, Merebut Hati Rakyat?
Ridwan Kamil-Suswono Debat Kedua, Calon Gubernur dan  Wakil DKI JAKARTA 2024

Saat Ridwan Kamil Sentil Rano Karno: Jadi Pemimpin Jangan Cari-cari Alasan!

Ridwan Kamil alias RK mempertanyakan kinerja Rano Karno saat memimpin Banten.

img_title
VIVA.co.id
28 Oktober 2024