Respons Hotman Paris soal Uang Donasi Agus Salim Malah Menuai Kritik dari Netizen, Apa Penyebabnya?

Kuasa Hukum Keluarga Vina Cirebon, Hotman Paris Hutapea berharap penanganan kasus pembunuhan Vina Cirebon, bisa mendapat perhatian Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Polemik mengenai penggunaan uang donasi untuk Agus Salim, korban penyiraman air keras, masih menuai sorotan dari berbagai kalangan, salah satunya adalah pengacara kondang, Hotman Paris.

Farhat Abbas Bela Agus Salim, Novi Didukung Marwan Iswandi: Pertarungan Dua Sahabat Pengacara

Hotman yang dikenal sering mengomentari kasus-kasus hukum viral di media sosial, kali ini juga angkat suara terkait isu ini.

Dalam sebuah video yang dibagikan di akun Instagram @folkshitt, Hotman menyatakan bahwa dari sudut pandang hukum, uang donasi tersebut sudah menjadi milik Agus setelah diterima.

Gadis ABG Diperkosa Bergilir, Bus Angkut Anak TK Terbakar hingga Bravo Kejagung

“Saya tidak ada kaitan apa pun dalam kasus Agus sama Novi. Namun, ketika saya mempelajari kasusnya, saya hanya melihat dari kacamata hukum saja, uang itu sudah menjadi milik Agus,” ujarnya.

Berbeda dari banyak warganet yang membela Novi karena menarik kembali uang donasi yang diduga disalahgunakan untuk berfoya-foya, Hotman justru menjelaskan bahwa Agus tidak bisa dituntut atas penggunaan uang tersebut.

Tanggapan Nikita Mirzani soal Perseteruan Novi dan Agus Korban Penyiraman Air Keras

“Jadi, Agus tidak bisa dituntut uang itu dipakai untuk apa,” lanjutnya.

Rekan Kerja Ungkap Sikap Manipulatif Agus Korban Penyiraman Air Keras

Photo :
  • YouTube Curhat BANG Denny Sumargo

Kendati demikian, Hotman menegaskan bahwa meskipun secara hukum Agus bebas menggunakan uang tersebut, ada pertimbangan moral yang perlu diperhatikan.

"Apabila dilihat secara moral, kalau (uang donasi) itu tidak dilakukan sesuai tujuan awalnya, maka itu kurang terpuji," ungkapnya.

Hotman menilai bahwa uang donasi yang dikumpulkan untuk biaya pengobatan seharusnya digunakan secara transparan dan sesuai dengan niat awal para donatur.

Pernyataan Hotman ini memicu beragam tanggapan di kalangan warganet, yang sebagian besar tidak setuju dan merasa bahwa Agus memiliki tanggung jawab moral untuk menggunakan dana sesuai peruntukan.

Tekanan terhadap transparansi penggunaan dana donasi Agus semakin bertambah dengan munculnya petisi di laman Change.org yang menuntut agar dana tersebut dikembalikan atau dialihkan sesuai tujuan awal penggalangan dana.

“Kalau Agus emang sudah terima uang donasi itu, benar uang itu miliknya. Tapi bukannya harusnya dipake buat pengobatan? Harusnya Bang Hotman juga paham kalau hukum aja nggak cukup, ada tanggung jawab moral!” kritik salah satu netizen

“Hotman emang bicara sesuai hukum, tapi ini kan bukan cuma soal hukum. Semuanya harus transparan,” ujar netizen yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya