Sandiaga Uno Minta Maaf ke Reza Arap Usai Disindir Karena Tidak Bantu IShowSpeed Selama di Indonesia

Reza Arap Sentil Menparekraf Sandiaga Uno Saat IShowSpeed ke Indonesia
Sumber :
  • Instagram @ybrap dan VIVA.co.id

Jakarta, VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara terbuka meminta maaf kepada artis dan content creator Reza Arap.

Sandiaga Uno Banjir Komentar Negatif Usai Cuitan Sambut IShowSpeed ke Indonesia: Gak Usah Caper

Permintaan maaf ini disampaikan setelah Reza menyindir Kemenparekraf karena dianggap tidak memberikan bantuan apapun selama kunjungan YouTuber internasional, IShowSpeed, di Indonesia.

Awalnya, Sandiaga Uno melalui cuitannya di akun X pribadinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran IShowSpeed di Indonesia.

Reza Arap Sentil Sandiaga Uno Saat IShowSpeed ke Indonesia: Ke Mana Aja Pak? Saya Urus Semua Sendiri

"Dari makan nasi padang pakai cara kocak, sampai keciduk heboh ikutan tari kecak. Asyiknya El Kecepatan main #DiIndonesiaAja bikin pengen ikutan!" tulis Sandiaga di akun @sandiuno pada 20 September 2024.

Dalam cuitan tersebut, Sandiaga juga menjelaskan sedikit latar belakang IShowSpeed. 

Hadiri Malam Puncak AKI 2024, Sandiaga Uno: Ajang untuk Berdayakan Generasi Kreatif Indonesia

"IShowSpeed, alias Darren Watkins Jr., lahir 21 Januari 2005 di Cincinnati dan mulai aktif di YouTube sejak umur 11, lho! Popularitas Speed meroket pada 2021 saat video livestream-nya viral," lanjutnya.

Cuitan tersebut ditutup dengan harapan bahwa kehadiran IShowSpeed bisa membantu memperkenalkan Indonesia ke kancah internasional.

"Semoga kehadiran Speed bikin Indonesia makin dikenal dunia!" tutup Sandiaga dalam cuitannya.

IShowSpeed pakai batik

Photo :
  • YouTube/IShowSpeed

Tidak disangka, cuitan tersebut mendapatkan respon panas dari Reza Arap. Reza menyindir Sandiaga dengan mengatakan bahwa Kemenparekraf, meskipun memiliki sumber daya yang besar, tidak memberikan dukungan apa pun selama kunjungan IShowSpeed.

"Ke mana saja pak? Saya urus semua sendiri pakai koneksi, relasi, dan finansial saya yang tidak mungkin sebesar Kemenparekraf," tulis Reza di komentar postingan Sandiaga.

Reza melanjutkan kritiknya dengan menyatakan kekecewaannya karena Sandiaga baru muncul setelah semuanya selesai dan seakan bangga dengan hasil yang telah terjadi. 

"Kenapa baru muncul pas semua udah terjadi dan selesai lalu merasa bangga akan hal tersebut, Pak? Saya nggak butuh credit, tapi kalian ke mana saja?" lanjut Reza.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno di Terminal 1 Bandara Soetta, Tangerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Menanggapi sindiran tersebut, Sandiaga Uno segera meminta maaf kepada Reza. Meskipun dalam postingannya terdapat logo Kemenparekraf, Sandiaga menjelaskan bahwa tidak ada niatan untuk mengklaim hasil kerja Reza sebagai hasil kerja kementeriannya.

"Hi Mas Reza, sama sekali tidak ada niatan mengklaim, dan tidak ada sama sekali dalam postingan tersebut yang menyatakan bahwa itu adalah kerja kami," tulis Sandiaga dalam balasannya.

Sandiaga juga memberikan apresiasi kepada Reza atas usahanya memperkenalkan budaya Indonesia kepada jutaan penonton IShowSpeed.

"Justru kami mau mengapresiasi karena telah membantu memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia, kepada jutaan penonton IShowSpeed. Jika kurang berkenan dengan postingan tersebut, kami memohon maaf," tutup Sandiaga.

Reza kemudian menerima permintaan maaf tersebut, namun ia menyarankan agar Kemenparekraf mengganti dana yang telah ia keluarkan selama mendukung kegiatan IShowSpeed di Indonesia.

"Yaudah dimaafin, tapi reimburse, Pak," balas Reza singkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya