Tantangan Bangun Mushola di Pedalaman Papua

Tantangan Bangun Mushola di Pedalaman Papua
Sumber :
  • Istimewa

Papua, VIVA – Pada Jumat 29 Maret 2024 di Senggo, Mappi, Distrik Citak Mitak, Papua Selatan telah diselesaikannya pembangunan Mushola Nurul Huda oleh Yayasan Ada Orang Baik bersama jamaah mushola tersebut.

Anggota Polri Ditembak Dada dan Punggungnya oleh OTK di Lanny Jaya Papua

Program pembangunan mushola ini berlangsung selama dua tahun, dimulai di akhir tahun 2022 dan mulai berjalan sepanjang November tahun 2023 sampai kemudian selesai kemudian siap digunakan di bulan April tahun 2024.

Pada rencana awalnya Ardian Kurniawan Santoso selaku relawan Yayasan Ada Orang Baik datang langsung meninjau lokasi yang awalnya berada di Tembraw, Sorong, Papua Barat Daya.

Detik-detik OTK Umbar Tembakan 2 Kali di Papua, Anggota Polisi Brigpol Johan Tewas

Namun sayangnya pembangunan tidak berjalan dengan baik, karena sulitnya akses jalan, yang membuat bahan bangunan tidak bisa masuk ke dalam lokasi yang sudah direncanakan, sudah hampir dua tahun, jalan tak bisa digunakan untuk membawa material bangunan.

“Kita putuskan pindah lokasi, dikarenakan akses yang sangat amat sulit selama dua tahun ini, kita sudah menemukan lokasi baru yang berada di Sengo, Kabupaten Mappi, Distrik Citak Mitak, Papua Selatan,” kata Ardian.

Trigana Air Tergelincir di Bandara Serui Papua, Bawa Rombongan Istri Pj Gubernur Papua

“Tapi bukan berarti menuju ke situ lancar lancar aja, tetap ada kendala, namanya ya di pedalaman. Alhamdulillah, dengan segala upaya kami akhirnya berhasil memulai pembangunan fasilitas mushola terutama penyediaan air bersih,” imbuhnya.

Jamaah Masjid Nurul Huda mayoritas mualaf, mereka berakhir di daerah itu (Sengo) yang sebelumnya diusir dari daerah lain.

“Terpaksa kita mengungsi di sini untuk tinggal, kita sudah berusaha membuat kampung sendiri. Dan tempat kita kan harus ada untuk kita bisa sembahyang, untuk anak-anak mengaji,” kata imam Masjid Nurul Huda kepada Ardian.

“Umat muslim ini kan bagaikan satu anggota tubuh, kaki atau tangan sakit semua seluruh tubuh ini kita rasakan. Jadi satu susah kita semua baku bantu,” imbuhnya.

Di mushola inilah yang nantinya akan dipakai sebagai pusat ibadah, pembinaan karakter anak dan kegiatan masyarakat lainnya di Sengo.

Selain pembangunan mushola ini,Yayasan Ada Orang Baik mempunyai program sosial yang lain, yang tentunya bertujuan untuk memberikan kebaikan kepada semua yang membutuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya