Viral Video Bangunan Terbakar di Grogol Meledak saat Dipadamkan, 6 Petugas Terluka

Bangunan di Grogol Meledak saat Dipadamkan
Sumber :
  • Instagram @fakta.jakarta

Jakarta, VIVA – Sebuah bangunan semi permanen di Grogol, Jakarta Barat, meledak saat sedang dipadamkan dari kebakaran yang terjadi pada Minggu, 8 September 2024.

Imbas Kebakaran, Polisi Tutup Sementara Pasar Comboran Kota Malang

Insiden ini terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial, salah satunya yaitu diunggah oleh akun Instagram @fakta.jakarta.

Video tersebut memperlihatkan detik-detik petugas pemadam kebakaran yang tengah berjibaku memadamkan api tiba-tiba terpaksa menjauh akibat ledakan mendadak.

Sumber Ledakan di Pasar Comboran Malang Diduga dari 11 Mobil Warga yang Ikut Terbakar

Kebakaran yang diduga disebabkan oleh korsleting listrik ini terjadi di sebuah bengkel las di Jalan Muwardi Raya RT.07/04, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, tepat di samping rel kereta api.

Api mulai berkobar sekitar pukul 06.30 WIB, membakar tumpukan kardus di lapak semi permanen tersebut.

Ada Bunyi Ledakan Saat Kebakaran Melanda Pasar Comboran Kota Malang

Ledakan yang terjadi diduga berasal dari tabung nitrogen di lokasi, menyebabkan empat petugas pemadam kebakaran dan dua petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) terluka. Beruntung, dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

Petugas pemadam berjibaku memadamkan kebakaran. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

Menurut keterangan dari laman Humas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, bangunan yang meledak tersebut merupakan lapak rongsokan.

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dengan 85 personel dikerahkan untuk menangani kebakaran ini, dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.09 WIB, dua setengah jam setelah insiden bermula.

Meski terluka, empat petugas Damkar dan dua petugas PPSU yang terdampak segera mendapat penanganan medis, supaya tidak mengalami cedera serius.

Warga sekitar turut membantu proses pemadaman dengan mengosongkan area di sekitar bangunan yang terbakar. Mereka diminta untuk menjauh demi keselamatan, terutama mengingat ledakan yang berpotensi terjadi kembali.

Hingga saat ini, pihak berwenang masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab kebakaran dan ledakan, serta meminimalisasi risiko serupa di masa mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya