Viral Kantor Desa di Kalimantan Barat Mirip Desain Istana Presiden di IKN, Netizen: Menyala!

Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Ibu Kota Nusantara (IKN)
Sumber :
  • Kementerian PUPR

Kalimantan Barat, VIVA – Sebuah video di Instagram yang memperlihatkan bangunan kantor desa menyedot perhatian netizen. Pasalnya, desain gedung itu disebut-sebut mirip dengan istana presiden yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Akun Instagram @disain_rumah menunjukkan sebuah kantor desa di Kalimantan Barat (Kalbar) yang masih dalam tahap pembangunan. Tak seperti biasanya, arsitektur kantor desa menyerupai burung garuda layaknya Istana Garuda di IKN. 

Bedanya, kantor desa di Kalbar itu terdapat kepala burung Garuda sementara istana presiden di IKN tidak ada. Selebihnya bisa dibilang mirip dengan sayap-sayap yang melebar di sisi kanan dan kiri bangunan. 

Bandara IKN Perdana Didarati Pesawat Jet, Menhub Budi: Alhamdullilah Lancar

Sebagaimana kita ketahui bersama, konsep istana kepresidenan di IKN dirancang oleh seniman kondang tanah air, yakni Nyoman Nuarta. Dikutip dari Indonesia Baik, Nyoman Nuarta melibatkan 44 orang ahli guna memastikan aspek keamanan dan ketahanan gedung yang akan jadi ikon nasional tersebut.

Jokowi Minta TNI-Polri Jadi Pelindung bagi Korban Kekerasan

Bentuk burung garuda pada istana presiden di IKN digambarkan seperti sedang memeluk yang dimaknai sebagai pelindung. Arti lainnya adalah merangkul keberagaman seluruh suku-suku di tanah air sehingga tidak ada kecemburuan sosial. 

Video tersebut sontak menjadi perhatian pengguna media sosial. Netizen meninggalkan jejak dengan berupa komentar soal bentuk kantor desa di Kalbar yang viral itu. Beberapa lainnya memberi emoji sebagai respons.

"Menyala min????," tulis netizen.

"Lah bagusan ini ada kepalanya," puji netizen lain.

"Nah ini baru garuda, kalo yg di ikn entah kenapa rasanya lebih ke kelelawar sih, eh bahkan lebih mirip lagi karakter yg bernama jack di kartun oggy and cocroaches," imbuh yang lainnya. 

"Kepala garudanya lagi lemes," tutur netizen lagi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya