Canggih! Indonesia Berhasil Lakukan Operasi Jarak Jauh, Dokter di Bali dan Pasien di Jakarta

Ilustrasi operasi jantung.
Sumber :
  • Freepik.

VIVA – Indonesia baru-baru ini sukses menuai sorotan masyarakat. Tak kalah dari China yang berhasil melakukan operasi jarak jauh, kini Indonesia rupanya mulai melakukan hal serupa dengan hasil memuaskan.

Viral Remaja India Meninggal Setelah Operasi Batu Ginjal oleh Dokter Gadungan, Modal Nonton Youtube

Seperti diketahui dari unggahan akun Instagram @viral.menarik bahwa Indonesia kini telah berhasil melaksanakan operasi telerobotik jarak jauh dengan jarak 1.200 km.

Melly Goeslaw Angkat Bicara Soal Pengalaman Bariatrik dan Komitmen Hidup Sehat

Di mana dalam proses operasi jarak jauh tersebut diketahui, bahwa dokter berada di Bali sementara pasien berada di Jakarta, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Operasi telerobotik ini berhasil dengan lancar dilaksanakan pada Jumat, 30 Agustus 2024 kemarin.

Bantah Oplas Hidung Gegara Sinus, Sarwendah Tunjukkan Bagian Wajah yang Dipermak

Dengan mengandalkan teknologi jaringan nirkabel, akhirnya seorang dokter bedah mampu melakukan tindakan operasi tersebut. Tindakan operasi ini dikendalikan oleh seorang dokter ahli urologi dari Rumah Sakit I.G.N.G Ngurah Rai Bali, dalam menangani pasien kista ginjal yang dirawat di RSCM Jakarta.

Keberhasilan operasi telerobotik jarak jauh ini menjadi sejarah besar, karena baru pertama kali dilakukan di Indonesia dan di Asia Tenggara. Dokter urologi di Rumah Sakit I.G.N.G. Ngoerah, Bali, dapat mengoperasikan tangan robot dalam operasi kista ginjal pasien di RSCM Jakarta dengan presisi tinggi melalui sambungan internet 5G.

Menurut informasi yang dihimpun, bahwa tindakan tersebut berlangsung selama 2 jam, mulai dari pukul 08.30 WIB dan selesai sekitar pukul 10.00 WIB.


Reaksi Warganet

Unggahan akun Instagram @viral.menarik ini pun berhasil menuai sorotan di media sosial.

"Pasti nanti kendala nye di jaringan kalo pasien yaaaang," tulis warganet.

"jelasin gmn ituu.pake bahasa yang mudah dipahamin orang awam aja..dokter ama pasien ga disatu tempat? timpal lainnya.

"kaya dia make remot dokternya. sedangkan pasiennya di sana jauh," seru lainnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya