Viral Video Kiai Diduga Rayakan Momen Ulang Tahun Bersama Para Santriwati, Netizen: Gak Heran

Kiai rayakan ulang tahun
Sumber :
  • instagram

VIVA – Merayakan momen ulang tahun merupakan suatu kebiasaan yang umum di kalangan masyarakat pada umumnya. Namun kebiasaan ini biasanya tidak berlaku bagi para alim ulama. Hal tersebut dikarenakan, perayaan ulang tahun bukanlah sebuah tradisi dalam Islam, maka hukum merayakannya pun tidak dibolehkan.

Cerita Unik Lainnya dari Eugenie Bouchard Setelah Lawan Luna Maya

Banyak alim ulama menganggap merayakan ulang tahun di dalam Islam hukumnya adalah haram, karena dianggapi mengikuti kebiasaan orang barat. Tidak hanya itu, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam sendiri juga tidak pernah merayakan hari ulang tahunnya. 

Begitu juga dengan para sahabat Nabi lainnya. Karena ini bukan ritual ibadah yang berasal dari ajaran Islam, maka merayakan ulang tahun tidak diperbolehkan. Berbeda dengan alim ulama lainnya, seorang kiai dalam video viral berikut ini nampaknya memiliki pandangan yang sedikit berbeda.

Rayakan Hari Ulang Tahun, Verrell Bramasta Dapat Dukungan Penuh dari Keluarga soal Kariernya

Diketahui dari unggahan video yang dibagikan oleh akun Instagram @menggapai_jalanyanglurus pada beberapa hari yang lalu ini menunjukkan momen seorang pria dengan mengenakan peci berwarna putih tengah merayakan ulang tahun diduga bersama para santriwati didikannya.

KLa Project Rayakan 36 Tahun Berkarya Melalui Konser Megah AETERNITAS

“ Kiyai Kok Ulang Tahun ! di hibur santriwati pula.. naudzubillah min dzalik jangan salah pilih pondok ya temen temen , pilihlah ponpes yang bermanhaj salaf,” tulis keterangan unggahan Instagram di atas dikutip VIVA.co.id pada Rabu, 4 September 2024.

Diduga pria tersebut merupakan seorang kiai dari salah satu pondok pesantren yang tidak disebutkan namanya itu. Dalam video tersebut terlihat seorang kiai yang dikerumuni para santriwati di sebuah ruangan.

Di ruangan tersebut terlihat ada sebuah dekorasi dengan tulisan 'Happy Birthday' dan hiasan balon yang menempel di dinding ruangan. Meskipun tidak ada kue ulang tahun yang diberikan, terlihat sejumlah santriwati begitu antusias merayakan momen ulang tahun gurunya tersebut.

Para santriwati dan santri lainnya nampak menyanyikan lagu Mabruk Alfa Mabaruk-Sholawat milik Muhammad Hadi Assegaf. Hingga tulisan ini dibuat tidak ada keterangan di mana kejadian itu berlangsung.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video saat momen seorang ustaz rayakan ulang tahun bersama santriwatinya pun sukses mengundang reaksi warganet.

"Makanya banyak pelecehan karena mereka ini vulgar sekali interaksi," tulis warganet.

"Nyanyi bareng, joget bareng, tertawa bareng, enter lama2 mabok bareng," sahut lainnya.

"Gak ada satupun contoh yg bisa di ambil dari sini," seru lainnya.

"Tidak heran banyak oknum katanya "kyai" mncabuli santriwatinya," kata lainnya.

"Pasti ini pesantren yang suka teriak WAHABI," seru lainnya.

"Alhamdulillah tidak memasukkan anak di ponpes seperti itu," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya