Viral Momen Haru Wanita 71 Tahun Wujudkan Cita-cita Lulus S3, Seminggu Wisuda Lalu Meninggal

Wanita berusia 71 tahun lulus s3
Sumber :
  • instagram

VIVA – Dunia jagat maya dikejutkan kisah haru penuh inspirasi yang datang dari seorang wanita yang sudah lanjut usia. Bagaimana tidak meskipun pada saat itu usianya sudah menginjak angka 71 tahun, seorang ibu mampu mewujudkan cita-citanya dalam mengejar pendidikannya hingga S3.

Lansia Bisa Jadi Subjek Pembangunan, Bappenas Ungkap Caranya

Meskipun usianya tak lagi muda, namun semangatnya dalam menuntut ilmu terbukti berhasil hingga sebelum akhirnya wanita berusia 71 tahun tersebut menghembuskan nafas terakhirnya tepat pada seminggu setelah dirinya diwisuda.

Kabar tersebut diketahui dari berbagai unggahan video yang viral di media sosial, salah satunya akun Instagram @mahasiswasurakarta. Penasaran kisah penuh inspiratif dari wanita lanjut usia ini? Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini.

Nikita Mirzani Ungkap Sudah Memaafkan Putrinya, Tapi...
Makan Bergizi Gratis di Cianjur Sudah Ada Sejak 2022, Targetnya Lansia

Lulus di Usia 71 Tahun

Seorang wanita pemilik akun TikTok @yoenseeyoen baru-baru ini membagikan kisah 
hidupnya yang mengharukan, sekaligus membanggakan. Bagaimana tidak, dalam unggahan video tersebut ia membagikan kisah inspiratif ibunya yang berhasil mewujudkan cita-citanya bisa lulus pendidikan hingga S3.

Mengharukannya, ibu dari wanita pemilik video tersebut rupanya berusia 71 tahun. Namun siapa sangka, meskipun usianya sudah lanjut ia tetap semangat dalam menutut ilmu.

Seperti terlihat dalam video tersebut tampak dalam video berdurasi 30 detik itu momen membanggakan saat seorang ibu dengan sekuat tenaganya akhirnya mampu menyelesaikan pendidikan S3-nya di usia yang tak lagi muda.

Sambil mengikuti tren dan menyematkan lagu milik Yura Yunita berjudul Risalah Hati, wanita pemilik video tersebut membagikan momen sang ibu tercinta sedang menjalani sidang terbuka untuk promosi doktor. Dalam video tersebut terlihat ia sedang memaparkan hasil disertasinya.

Dengan persiapan yang matang, wanita lanjut usia ini terlihat semangat dalam menghadiri sidang dengan menggunakan pakaian rapi, seperti jilbab berwarna putih dan blazer berwarna hitam.

Mengharukannya setelah momen sidang telah selesai dan dinyatakan lulus, seorang ibu berusia 71 tahun tersebut mendapatkan banyak apresiasi, ucapan selamat dan bunga dari orang-orang tercintanya. Hal tersebut tentu tak lepas dari perjuangannya dalam mewujudkan cita-citanya.

Datang dengan Kursi Roda

Rupanya dibalik kelulusannya hingga akhirnya menyadang gelar doktor, wanita lanjut usia itu sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja. Terlihat dalam video tersebut, setelah dinyatakan lulus ia pun kembali duduk di kursi roda miliknya.

Ironisnya, seminggu setelah momen kelulusan dan wisudanya tersebut sang ibu dikabarkan meninggal dunia karena kondisi kesehatannya yang memang sudah semakin menurun.

"Ibuku bisa Yura memenuhi keinginan terakhirnya bisa lulus S3 di usia 71 tahun dg perjuangan yg sangat luar biasa dan pada akhirnya seminggu setelah beliau di wisuda, Allah memanggil beliau dengan cara yang indah," tulisnya dalam keterangan dalam video dikutip VIVA.co.id pada Senin, 2 September 2024. Diketahui dari keterangan yang dihimpun, bahwa ibu tersebut merupakan salah satu mahasiswa UIN Walisongo Semarang. 

Reaksi Warganet

Unggahan video yang viral di media sosial ini pun sukses menyedot perhatian warganet.

"Semoga husnul khotimah, tapi jujur bu saya yg msh muda saja kalah pendidikannya lho...ibu keren sudah tua pun tetep menuntut ilmu bahlan sampai S3," tulis warganet.

"Masa iya aku yang masih muda gini kalah semangat sama ibunya husnul khotimal untuk ibunya aamiin," terang lainnya.

"Innalilahi Wainnailahi Rojiun. Semoga amal ibadah Ibu Nikmatus diterima Allah SWT dan saya ucapkan selamat atas pencapaian Promosi Doktor Ibu Nikmatus, semoga menjadi amal Jariyah Almh. Ibu Nikmatus. Aamiin," tulis pengguna media sosial lain.

"masyaallah beliau meninggal saat mengejar ilmu setinggi²ny you are my inspiration," seru lainnya.
"Masyaallah satu almamater ya bu, semoga Husnul Khotimah bu," kata lainnya.

"Masya Allah wanita surga," seru lainnya.

"Husnul khotimah ibuk," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya