Bandingkan Berobat di Negara Tetangga, Biaya Lebih Murah dan Pelayanan Bagus jadi Sorotan Netizen

Netizen Bandingkan Berobat di Negara Tetangga yang Jauh Lebih Murah
Sumber :
  • X @Josoomonm

Melaka, VIVA –  Membandingkan biaya operasi di dalam negeri dan luar negeri, seorang pengguna X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) @josoomonm menceritakan pengalaman positifnya saat menjalani operasi di sebuah rumah sakit di negara tetangga, Malaysia, tepatnya di kota Melaka.

Viral Remaja India Meninggal Setelah Operasi Batu Ginjal oleh Dokter Gadungan, Modal Nonton Youtube

Kisah ini kemudian menarik perhatian netizen karena perbandingan biaya yang lebih murah, pelayanan yang lebih baik, serta kemudahan transportasi yang ia rasakan selama di sana.

Dalam ceritanya, @josoomonm mengungkapkan kepuasannya terhadap kualitas pelayanan rumah sakit di Malaysia.

Idap Peradangan Sinus, Ricky Harun Harus Masuk Rumah Sakit

"Gak heran banyak orang Indo yang lebih memilih berobat ke luar negeri daripada indo, selisih harganya jauh banget," tulis akun X @josoomonm.

Ia pun mengaku dalam Rumah Sakit Mahkota Medical Center yang terletak di Kota Melaka, Malaysia, 75 persen pasien di RS tersebut berasal dari Indonesia.

Berapa Biaya dan Bunga di SeaBank? Nasabah Wajib Tahu!

"Pas di Indo udah disuruh nyiapin uang Rp600 juta buat operasi + treatment cancer, kira-kira ada yang bisa nebak gak kami habis berapa di Malaysia," tulisnya.

Dalam postingan selanjutnya, ia pun merinci biaya operasi dan rawat inap yang dikeluarkan untuk operasi dan rawat inap di rumah sakit tersebut dengan biaya Rp65 juta.

"Untuk biaya dokter utamanya sendiri sekitar 3.000 RM (Ringgit Malaysia) atau Rp10 jutaan. Sekitar Rp65 juta untuk total keseluruhan biaya operasi dan treatment selama rawat inap, dokter dan kamar.

"Ini biaya kamar rawat inapnya tadi untuk 4 orang, Rp300 ribu tapi sebagus dan sebersih itu.

Begitupun dengan pelayanannya yang dinilainya memuaskan baik dokter dan susternya dalam menjelaskan, tenaga medis di sana juga katanya pandai berbahasa indonesia.

Tak hanya soal biaya dan pelayanan, kemudahan akses transportasi juga menjadi poin plus. Pengguna akun tersebut menyatakan bahwa mencapai rumah sakit di Malaysia tidaklah sulit.

"Kalau mau berobat ke sini ga usah bingung gonta ganti transportasi, naik bus KLIA bisa direct ke sini, kalau mau naik Grab bisa juga mulai Rp1 juta – Rp1,7 juta tergantung yang reguler/big car," tulisnya.

Ia pun memberikan alternatif lain yang lebih ekonomis dengan menaiki bus yang harganya lebih murah sekitar Rp100 ribu - Rp150 ribu.

Pengalaman akun X itu ternyata banyak diamini oleh netizen lainnya.

"kakakku matanya bermasalah, di Indo disuruh siapin Rp60an juta buat 1x operasi, di bawa ke Kuching Malaysia, sama dokternya dibilang nggak perlu operasi dan bayar cuma jutaan rupiah. kenapa bisa gitu ya," tulis komentar dari akun AriEra.

"mamaku operasi mioma, di Indo disuruh siapin duit mulai dari Rp88 juta-Rp150 juta. Operasi angkat rahim di Penang Malaysia habis Rp60 jutaan termasuk obat, dokter, kamar suite, sama tiket PP, makan-makan, transport, hotel 4 hari dan oleh-oleh," tambah komentar dari akun Mrs. Crab.

"Di RS Indo papaku divonis gagal ginjal dan harus diangkat ginjal kirinya. Dibawa ke RS Mahkota juga, dicek ternyata cuma batu ginjal dan hanya perlu dilaser aja," tulis komentar akun hi-nin5.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya