Bea Cukai Buka Suara Terkait Video Viral Kaesang-Erina Turun dari Pesawat Lewati Kepabeanan

Bea Cukai Buka Suara Terkait Video Kaeang-Erina Lewati Kepabeanan
Sumber :
  • X @aqfiazfan

Jakarta, VIVA –  Viral Kaesang dan Erina turun dari pesawat jet pribadi dengan  membawa barang branded melewati Kepabeanan, Bea Cukai akhirnya buka suara.

Bea Cukai Nanga Badau Raih Capaian Signifikan untuk Ekspor Komoditas Perikanan dan Pertanian

Usai pamer kemewahan di Amerika Serikat saat Rakyat Indonesia sedang berdemonstrasi tolak Revisi UU Pilkada, Kaesang dan Erina kembali menjadi sorotan. Anak bungsu dan mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu kembali menjadi trending di X (dikenal Twitter) saat turun dari pesawat jet pribadi jenis Gulfstream G650ER namun tidak melewati pemeriksaan kepabeanan bea cukai.

Video yang diunggah melalui akun X @aqfiazfan, ia menjelaskan video itu diambil di Surakarta, Jawa Tengah, pada 17 September 2023. Pesawat melintas dari Amerika Serikat menuju Surakarta dengan sempat singgah di Halim, Jakarta.

Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea II Resmi Dibuka, Bea Cukai Siap Amankan Wilayah Timur Indonesia

Pemilik akun itu memantau pergerakan pesawat melalui Flight Radar 24, pesawat hanya singgah di Bandara Halim selama 15 menit dan langsung berangkat lagi ke Surakarta, sehingga ia menilai waktu yang hanya 15 menit tak akan cukup untuk urus kepabeanan dan imigrasi di Bandara Halim.

Setiba di bandara Surakarta, dalam video tersebut tampak Kaesang bersama istri turun dari pesawat jet pribadi dengan menenteng beberapa tas belanjaan dari brand ternama.

Tindak 5,8 Juta Batang Rokok Ilegal di Semarang, Bea Cukai Tetapkan Dua Tersangka

Setelah turun dari pesawat, Kaesang dan Erina langsung masuk ke dalam mobil pribadi Toyota Alphard yang sudah menunggu di samping pesawat, tanpa melewati Kepabeanan dan Imigrasi.

Bea Cukai Buka Suara Terkait Kaesang-Erina Turun dari Pesawat Lewati Kepabeanan

Photo :
  • X @aqfiazfan

Sebagai informasi, dilansir dari Kemenkeu Kepabeanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu-lintas barang yang masuk atau keluar Daerah Pabean dan pemungutan Bea Masuk.

Kewajiban Pabean adalah semua kegiatan di bidang Kepabeanan yang wajib dilakukan untuk memenuhi ketentuan dalam undang-undang.

Sehingga, seluruh penumpang dari penerbangan internasional wajib melakukan pengecekan imigrasi dan pemeriksaan kepabeanan bea cukai.

Usai Kaesang dan Erina viral lantaran melewati pemeriksaan kepabeanan, Bea Cukai buka suara.

“Terkait status penerbangan di video tersebut masih kami cek,” kata Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heriyanto, Senin 26 Agustus 2024 dikutip Antara.

“Jika penerbangan tersebut (Erina-Kaesang) adalah penerbangan domestik, maka tidak perlu melalui Bea Cukai. Sementara jika penerbangan tersebut penerbangan internasional, maka akan melalui prosedur-prosedur international airport clearance, termasuk imigrasi dan kepabeanan,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya