Setelah Sindir Jakarta, Kini Cuitan Ridwan Kamil yang Berbau Seksual Disorot Netizen

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama.

Jakarta, VIVA – Setelah cuitan soal sindiran ke warga Jakarta, kini netizen menyoroti cuitan lawas Ridwan Kamil di platform X yang berbau seksual. Cuitan tersebut kembali mencuat dan menjadi perbincangan hangat di dunia maya, serta memicu berbagai reaksi dari publik.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Sebelumnya, netizen menemukan cuitan lama Ridwan Kamil yang mengkritik orang Jakarta, salah satunya dengan menyebut mereka sebagai ‘tengil’ dan ‘pelit’. Ungkapan tersebut sempat membuat publik gusar, terutama warga Jakarta yang merasa tersinggung dengan kata-kata tersebut.

Ternyata, Ridwan Kamil masih menyimpan beberapa cuitan lamanya yang mengarah pada topik seksual.

Jika jadi Gubernur Jakarta, RK Janji Perpanjang Rute Transjakarta ke Bekasi hingga Bogor

Kini, cuitan-cuitan tersebut kembali ramai dibahas setelah Ridwan Kamil resmi diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sebagai calon gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024, menambah panasnya perbincangan tentang rekam jejak digitalnya. Berikut beberapa cuitan tersebut!

1. Tokoh Perempuan Terkenal

Kunjungan ke Bamus Betawi Diwarnai Keributan, RK: Ujungnya Salaman, Mendukung Juga

Cuitan lawas Ridwan Kamil

Photo :
  • X @ridwankamil

Cuitan pertama, Ridwan Kamil menggabungkan beberapa aspek dari beberapa perempuan terkenal di Indonesia, yaitu Julia Perez, Luna Maya, Sri Mulyani, Agnes Monica, Dewi Persik, dan Mba Tutut (Siti Hardijanti Rukmana, putri Presiden Soeharto). Ia mengaitkan masing-masing tokoh dengan atribut tertentu.

Meskipun mungkin dimaksudkan sebagai lelucon, akan tetapi cuitan tersebut dinilai memiliki nuansa seksual yang kemudian menjadi kontroversial di kalangan netizen.

2. Cinta Pertama di SD

Cuitan lawas Ridwan Kamil

Photo :
  • X @ridwankamil

Ridwan Kamil bercerita tentang pengalaman masa kecilnya ketika ia masih SD, di mana ia mengaku bahwa cinta pertamanya adalah kepada guru olahraga bernama Ibu Ningsih. Ia menggambarkan gurunya tersebut sebagai sosok yang "seksi" dan membandingkannya dengan Ratna Listy, seorang artis terkenal di Indonesia.

3. Tips saat ke Bank

Cuitan lawas Ridwan Kamil

Photo :
  • X @ridwankamil

Ridwan Kamil memberikan sebuah "tips" yang bernuansa humor, tetapi dinilai seksis karena mengkaitkan ukuran lingkar dada seorang customer service bank, dengan kredibilitas bank tersebut. 

Cuitan ini secara implisit menyarankan untuk mencurigai bank yang memiliki customer service dengan ukuran dada besar, dan kemudian pindah ke bank lain. 

4. Humor Tentang Seks

Cuitan lawas Ridwan Kamil

Photo :
  • X @ridwankamil

Cuitan Ridwan Kamil ini adalah permainan kata-kata yang menggabungkan istilah "sex" dengan beberapa kata lain yang berima atau berkaitan dalam bahasa Indonesia.

Cuitan tersebut mengawali dengan mengajak untuk "berbicara tentang seks," tetapi kemudian beralih ke penjelasan kata-kata yang berhubungan dengan akhiran "sek".

Ada beberapa cuitan lawas lainnya milik Ridwan Kamil yang memiliki nada serupa. Hingga kini tulisan tersebut masih ramai diperbincangkan oleh netizen.

Banyak netizen yang menganggap cuitan-cuitan tersebut dinilai kurang pantas, terutama mengingat posisi Ridwan Kamil sebagai figur publik, yang mana harus berhati-hati dalam menyampaikan lelucon atau opini di media sosial.

“Kalau yang ngetik di umur 15-18 tahun mungkin masih masuk logika lagi puber dan rebel, walaupun tetap aja seksis dan anti feminism, ini umur 39-40 tahun loh?” tulis seorang netizen pada Senin 26 Agustus 2024.

Akan tetapi, tetap ada yang membela Ridwan Kamil, mengingat tulisan tersebut merupakan cuitan lawasnya dengan rentang tahun 2010-2011.

“Ini Ridwan Kamil tahun 2011, selampau itu. Kita bulan lalu sama bulan sekarang aja bisa beda kok,” tulis netizen lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya