Sosok Hanum Rais, Putri Bapak Reformasi yang Buat Surat Terbuka Untuk Kaesang dan Erina

Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais
Sumber :
  • Instagram @hanumrais

Jakarta, VIVA –  Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais membuat surat terbuka untuk Kaesang Pangarep dan sang istri, Erina Gudono

Profil Tsania Marwa, Ibu 2 Anak yang Sempat Membuat Andre Taulany Jatuh Hati

Putra bungsu Jokowi itu  tengah menjadi sorotan netizen dan trending di media sosial X (dikenal twitter) selama beberapa hari, Kaesang dan Erina dinilai 'memamerkan' gaya hidup mewah di tengah masyarakat Indonesia sedang berdemo soal Revisi UU Pilkada.

Di tengah ramainya perbincangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, putri dari tokoh yang dijuluki Bapak Reformasi Amien Rais, kemudian membuat surat terbuka yang disiarkannya melalui akun X pribadinya kepada pasangan dari anak presiden Jokowi itu.

Profil Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, Pangdam XVI/Pattimura yang Baru

Inti atau benang merah dari surat terbuka Hanum Rais kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah kritik keras terhadap gaya hidup mewah dan hedonisme yang dipertontonkan oleh mereka di tengah situasi sulit yang dialami oleh banyak rakyat Indonesia.

Surat Terbuka dari Hanum Rais untuk Erina Gudono dan Kaesang Pangareb

Photo :
  • Tangkapan Layar (X:@hamunrais)
Profil Mayjen TNI Dadang Arif Abdurachman, Pangdam III/Siliwangi yang Baru

Hanum menyoroti ketimpangan sosial yang mencolok antara kehidupan elite seperti Kaesang dan Erina dengan rakyat biasa yang sedang berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Surat itu juga menggambarkan kekecewaan dan kemarahan terhadap sikap yang dianggap tidak empatik dan tidak peka terhadap penderitaan rakyat.

Lantas seperti apakah sosok Hanum Rais?

Profil Hanum Rais

Politikus dengan nama lengkap Hanum Salsabiela Rais merupakan anak dari Amien Rais, ia sebelumnya merupakan kader dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang kemudian berpindah ke Partai Ummat sejak April 2023.

Wanita kelahiran Yogyakarta 12 April 1982 itu pernah terpilih sebagai anggota DPRD Yogyakarta Dapil Sleman yang dilantik pada September 2018 lalu.

Meskipun memiliki latar belakang pendidikan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM), namun ia lebih memilih berkarier menjadi Jurnalis dan presenter di salah satu televisi nasional.

Selama berkarier di dunia Jurnalistik, ia pun banyak menghasilkan karya-karyanya melalui tulisan bukunya, yakni buku Menapak Jejak Amien Rais, 99 Cahaya di Langit Eropa, Berjalan di Atas Cahaya, dan lain sebagainya.

Nama Hanum Rais sempat mencuat di pencarian Google, pada 2019 lalu ia memberikan komentar terkait tragedi penusukan terhadap Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.

Hanum Rais pada 10 Oktober 2019 menyebutkan tragedi penusukan itu disebutnya sebagai settingan agar dana deradikalisasi terus mengucur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya