Viral Guru SMP Bikin Konten Seksi Siswanya, Akhirnya Diberi Sanksi

Isi konten akun Instagram Guru SMP di Bali - Foto tangkapan layar X
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali, VIVA – Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan angkat bicara soal viralnya kasus yang dilakukan oleh  guru SMP Negeri 2 Kerambitan, Tabanan, Bali, yang diduga terlibat dalam tindakan yang masuk dalam ranah eksploitasi anak.

Bali Secures Another Gold Medal in Women's Cycling at PON XXI

"Kejadian ini tentu saja menjadi perhatian serius bagi kami dan seluruh jajaran pendidikan di Kabupaten Tabanan. Kami sangat menyayangkan hal ini terjadi, dan mohon maaf atas perilaku guru yang dimaksud," kata Kadis Pendidikan Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Darma, Rabu, 21 Agustus 2024.

Ngurah Darma mengatakan, guru SMP yang memiliki akun Instagram dengan konten siswa sekolah SMP yang mengarah ke exploitasi anak itu telah meminta maaf dan menghapus akunnya.

9 Polisi di Bali Dipecat Gegara Pelecehan Seksual hingga Narkoba, Ini Daftarnya

"Yang bersangkutan mengakui bahwa itu akunnya dan itu akun pribadi," jelasnya.

Dikatakan Ngurah Darma, guru Seni Budaya di SMPN 2 Kerambitan itu telah mengakui, akun Instagramnya dijadikan sebagai ruang untuk menampung kreatifitas siswa tanpa ada unsur untuk mencari keuntungan.

Manfaatkan Relaksasi, 90.394 Unit Kendaraan di Bali Lakukan Pembayaran Pajak

"Dan menggunakan anak-anak dalam kontenya atas seizin orang tua siswa. Ada surat pernyataanya," kata Ngurah Darma.

Guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pengangkatan tahun 2023 mengunggah konten-konten dengan obyek sekolah dan foto-foto seksi siswanya diperkirakan sejak 2 hingga 3 tahun lalu.

Sanksi yang diberikan berupa teguran tertulis pelarangan untuk menggunakan obyek sekolah, warga sekolah untuk kepentingan konten akun pribadinya.

"Sanksi untuk guru sesuai dengan hasil koordinasi kita dia mendapatkan teguran tertulis pelarangan untuk menggunakan obyek sekolah, warga sekolah untuk kepentingan akun pribadinya," ujarnya.

Sebelumnya, dunia maya dihebohkan oleh viralnya postingan akun Xnad3tte yang mengunggah konten @akun Instagram seorang guru SMPN 2 Kerambitan, Tabanan. Guru SMP iti mengunggah konten-konten seksi siswanya di akun Instagram pribadinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya