Polemik Pencatutan NIK untuk Dharma Pongrekun, Warganet: Jorok Maennya Nih

Mantan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Dharma Pongrekun
Sumber :
  • YouTube: Richard Lee

Jakarta, VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana bisa maju sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Lusa, RK-Suswono Umumkan Struktur Tim Pemenangan

Keduanya lolos melalui jalur independen setelah KPU melakukan rapat pleno verifikasi kedua dan rekapitulasi hasil akhir untuk persyaratan Dharma-Kun Kamis, 15 Agustus 2024.

Setelah itu, muncul isu bahwa KPU meloloskan paslon tersebut agar Ridwan Kamil tidak melenggang melawan kotak kosong di Pilkada Jakarta. Bahkan,  ada yang menyebut Dharma-Kun sebagai paslon boneka.

Ridwan Kamil Klaim Didukung Partai Ummat Besutan Amien Rais

Ketum PSI Kaesang Pangarep Berikan Rekomendasi Pilkada 2024 Untuk Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Pasalnya dukungan yang didapat pasangan tersebut meningkat drastis dari sebelumnya. Pada tahap verifikasi pertama, paslon Dharma-Kun cuma memperoleh dukungan sebanyak 183.001.

Ridwan Kamil ungkap Program Titipan Prabowo untuk Jakarta

Adapun, pada tahap verifikasi kedua, Dharma-Kun mengantongi total 826.766 dukungan yang lolos verifikasi administrasi, namun yang memenuhi syarat hanya 494.467 dukungan dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 332.299 dukungan.

Jika ditotalkan dukungan pada verifikasi pertama dan kedua yang lolos verifikasi administrasi, Dharma-Kun mengantongi sebanyak 677.468 dukungan. Angka tersebut melebihi batas minimal pencalonan independen untuk Pilkada Jakarta sebanyak, 618.968 syarat dukungan.

Kendati demikian, isu ihwal Dharma-Kun sengaja diloloskan untuk menghindari Ridwan Kamil tanding melawan kotak kosong ini sudah ditepis Ketua Bidang Teknis Penyelenggara KPU Jakarta, Dody Wijaya.

Berbarengan dengan hal tersebut, media sosial diramaikan dengan warga Jakarta yang protes bahwa NIK KTP mereka dicatut untuk mendukung paslon Dharma-Kun. Hal ini mereka ketahui usai mengeceknya melalui laman resmi KPU ini-LINK.

“Warga Jakarta cek KTP lo pada sekarang! Gua gak tau ini siap dan gua gak perna merasa daftarin dukungan ke orang ini, tiba-tiba NIK gua dicatut sebagai pendukung dua orang ini (Dharma-Kim) buat maju jadi cagub Jakarta,” tulis pemilik akun X (Twitter) @ayamdreampop, dikutip Sabtu 17 Agustus 2024.

Anies Baswedan mengunggah bukti KTP anaknya dicatut dukung cagub independen Jakarta, Dharma Pongrekun

Photo :
  • Akun X @aniesbaswedan

Selain itu, pemilik akun @ardibhironx juga mengaku NIK KTP-nya dicatut untuk mendukung Dharma-Kun. Dia menampilkan bukti berupa tangkap layar hasil cek NIK di lama KPU.

“Eh anjir, gua juga kena, gua lagi di NTT. Yang bene raja lah,” tulis pemilik akun @ezrahrn.

“Jorok maennya nih. KTP saya aman, KTP anak yang dicatut calon gubernur independen Jakarta tanpa ada pemberitahuan,” tulis @Urrangawak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya