Tiongkok Manipulasi Arkeologi untuk Mengklaim Tanah Suku Uighur?

Arkeolog RRC sedang bekerja di situs Mo'er
Sumber :
  • Weibo

VIVA – Arkeologi menyediakan dasar untuk menemukan masa lalu seseorang. Semua bangsa mengandalkan arkeologi untuk "menggali" jalan mereka untuk menemukan sejarah dalam bentuk bangunan, tembikar, dan, dalam beberapa kasus, monumen-monumen besar.

Perangkap Utang Tiongkok Mengintai Mitra AS

Namun, seperti dilansir Bitter Winter, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) unik karena disinyalir menggunakan arkeologi sebagai senjata untuk mengklaim bahwa temuan-temuan tersebut adalah bukti bahwa wilayah yang diduduki adalah milik mereka.

Tren ini tentu saja sejalan dengan manipulasi "tak kasat mata" RRT terhadap batas-batas geografis untuk memaksakan "fait accompli" kehendaknya yang memiliki kekuatan yang tak tertandingi. Faktanya, sejarah dan geografi selalu berjalan beriringan.

Sisi Gelap di Balik Sukses Ritel Fashion Asal Tiongkok Shein

Dalam kasus Xinjiang, yang oleh penduduk non-Han disebut Turkestan Timur, dan Tibet, upaya manipulasi RRC terlihat jelas. Sementara sisa-sisa yang ditemukan di daerah-daerah ini menarik dan memberikan pandangan sekilas ke masa lalu, mereka tidak berbuat banyak untuk memperkuat klaim historis Beijing atas wilayah tersebut.

Tepat di luar Kashgar, di Xinjiang, terdapat sebuah stupa Buddha kuno di tengah gurun. Bentuknya yang kerucut memberinya nama lokal "Mo'er," yang berarti "cerobong asap" dalam bahasa Uyghur. Para ahli menilai bahwa stupa dan kuil di sebelahnya dibangun sekitar 1.700 tahun yang lalu dan beberapa abad kemudian situs tersebut terlupakan.

Meningkatnya Kekhawatiran Terhadap Investasi Tiongkok di Pelabuhan Besar Eropa

Para arkeolog mulai menggali situs tersebut pada tahun 2019 dan menemukan beberapa peralatan batu, koin tembaga, dan pecahan patung Buddha. Sejauh ini baik-baik saja. Namun selanjutnya muncul pernyataan biasa Tiongkok bahwa situs arkeologi ini "membuktikan" bahwa Xinjiang secara historis telah menjadi bagian dari Tiongkok.

Objek wisata reruntuhan bekas Ibu Kota Kerajaan Jushi di Turban, Xinjiang, China

Photo :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie

Para ideolog RRC pada kenyataannya berpendapat bahwa artefak yang ditemukan di Mo'er mirip dengan yang ditemukan ribuan mil ke arah timur, di daerah yang didominasi oleh suku Han. Diklaim pula bahwa beberapa bagian kuil tersebut dibangun dengan gaya "Buddha Han".

Dan di suatu tempat di sepanjang jalan, kuil tersebut dikunjungi oleh biksu terkenal dari Tiongkok tengah yang dikenal sebagai Xuanzang (602–664). Disebut Hsuen Tsang di India (sementara nama aslinya, sebelum memasuki kehidupan biara, adalah Chen Yi), ia dianggap menyebarkan agama Buddha di Tiongkok, tetapi menggunakan informasi yang tidak lengkap ini untuk mengklaim otoritas Beijing atas Xinjiang adalah hal yang tidak masuk akal.

Baru-baru ini, RRC menyelenggarakan sebuah konferensi di Kashgar yang berfokus pada penemuan-penemuan yang dilakukan di kuil Mo'er dan situs-situs lainnya. Pan Yue, menteri Komisi Urusan Etnis Nasional dan wakil kepala Departemen Pekerjaan Front Bersatu, secara terbuka mengklaim bahwa temuan-temuan arkeologi tersebut membuktikan bahwa tidak ada pemisahan antara budaya Xinjiang dan Tiongkok.

Ia menambahkan bahwa mereka yang mengkritik kebijakan RRC di wilayah tersebut mengungkapkan "ketidaktahuan mereka yang meluas tentang sejarah Tiongkok" dan menyebarkan "narasi yang tidak berdasar." Jelas, ini adalah upaya untuk mengalihkan perhatian dari upaya terus-menerus oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT) untuk menghapus identitas dan budaya Uyghur.

Sebuah penelaahan atas pernyataan Pan Yue memperjelas bahwa fokusnya adalah pada penegasan sifat budaya Tiongkok di Xinjiang. Setelah mendaftar banyak temuan arkeologi di Xinjiang yang dimiliki oleh berbagai peradaban, menteri tersebut dengan tegas menyatakan bahwa “budaya Xinjiang beragam, tetapi lebih menyatu” dan bahwa “elemen pemersatu adalah 'budaya Tiongkok.'”

Bagi Pan Ye, Mo'er adalah contoh Buddhisme Tiongkok. Sementara ia mengakui bahwa situs tersebut memiliki arsitektur gaya Gandhara India, ia bersikeras bahwa berabad-abad kemudian “Buddhisme Tiongkok kembali ke wilayah Barat, membangun aula Buddha Tiongkok di titik masuk aslinya ke Tiongkok.”

Terkait hal itu, arkeologi telah diberi perhatian penting di Tiongkok, dengan proyek-proyek yang ditetapkan dalam rencana lima tahun ke-14. Menurut Li Qun, kepala Administrasi Warisan Budaya Nasional Tiongkok, pada tahun 2021 1.388 proyek arkeologi telah dilakukan. Seperti yang telah dicatat, mereka lebih dipandu oleh politik daripada oleh sains.

Narasi RRC tentang Xinjiang sebenarnya meragukan. Dinasti-dinasti kunonya memiliki pijakan militer yang kadang-kadang ada di Xinjiang . Dari abad ke-8 hingga awal abad ke-18, mereka hanya memiliki sedikit pengaruh. Baru pada tahun 1759 Dinasti Qing Tiongkok menaklukkan wilayah tersebut dan mengubahnya menjadi koloni. Kemudian, dari tahun 1944 hingga 1949, wilayah tersebut secara de facto menjadi republik merdeka, sebelum dianeksasi oleh RRC.

Sejak saat itu, PKT telah mencoba mensinisasikan Turkestan Timur dengan berbagai cara, salah satunya dengan menominasikannya kembali sebagai Xinjiang . Pada puncak kampanye keamanan "serang keras" pada tahun 2018–2019, lebih dari satu juta orang Uyghur (perkiraan konservatif yang digunakan dalam dokumen-dokumen internasional, karena para ahli mengatakan jumlah sebenarnya dapat dengan mudah menjadi tiga kali lipat), yang sebagian besar adalah Muslim, dan penduduk Turki lainnya, telah diasimilasi secara paksa ke dalam budaya Tiongkok Han di "transformasi melalui pendidikan" dan kamp kerja paksa yang terkenal buruk.

Namun di sini muncul pertanyaan sederhana: jika penduduk Xinjiang selalu orang Tionghoa, mengapa mereka harus diasimilasi secara paksa? Kamp pendidikan ulang (karena memang begitulah keadaannya) pada kenyataannya telah menimbulkan protes internasional dan beberapa negara telah bertindak lebih jauh dengan menyebut tindakan RRC di Xinjiang sebagai genosida budaya.

Sebenarnya, yang dilakukan RRC adalah memaksakan budayanya secara retrospektif pada peradaban kuno yang sangat berbeda. Situs arkeologi menunjukkan adanya hubungan di sepanjang Jalur Sutra, jaringan kuno rute perdagangan Eurasia, yang menghubungkan Tiongkok dengan Asia Tengah dan Eropa. Perdagangan dan agama bergerak bebas di sepanjang Jalur Sutra, dan terjadi percampuran budaya secara alami di sepanjang jalan tersebut.

Suku Uyghur saat ini sebagian besar beragama Islam (ada juga yang beragama Kristen, yang merupakan keturunan dari misi yang disebut "Nestorian", yang sama sekali bukan penganut Nestorian), tetapi pada zaman dahulu pengaruh agama Buddha juga hadir di wilayah ini.

Itulah sebabnya sebuah stupa Buddha ditemukan di Mo'er. Bagaimanapun, tidak ada yang mengarah pada penafsiran bahwa Xinjiang secara budaya atau politik merupakan bagian dari Tiongkok. Islam datang ke Xinjiang jauh kemudian, sekitar abad ke-10, dan pada abad ke-16 sebagian besar suku Uyghur mempraktikkannya.

Mengapa RRC tidak tertarik membahas terlalu banyak sejarah periode selanjutnya ini? Alasannya sederhana, karena upayanya saat ini terpusat pada penindasan dan penghapusannya. Dalam beberapa tahun terakhir, pejabat Beijing memerintahkan penghancuran ratusan masjid dan tempat suci Muslim di seluruh wilayah.

Ini adalah cara yang sangat praktis dan brutal untuk menyatakan bahwa para penguasa neo-pasca-komunis RRC menginginkan China yang hanya berpenduduk Han, yang kemungkinan besar menempatkan mereka dalam jajaran kaum rasis atau setidaknya kaum suprematis yang kejam yang menganggap keragaman budaya dan etnis sebagai tanda hak yang lebih rendah untuk mendapatkan kemanusiaan penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya