Peraturan Pemerintah soal Penyediaan Alat Kontrasepsi untuk Siswa Jadi Sorotan

Ilustrasi siswa.
Sumber :
  • Antara/Septianda Perdana

Jakarta, VIVA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, menyatakan bahwa penyediaan alat kontrasepsi bagi pelajar yang diatur dalam PP Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Kesehatan tidak sesuai dengan prinsip pendidikan nasional (Diknas).

Soal Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan, Ini Tanggapan Pengamat Kebijakan

"Itu tidak sejalan dengan amanat pendidikan nasional yang berasaskan budi pekerti luhur dan menjunjung tinggi norma agama,” kata Fikri seperti dilansir Antara, Senin 5 Agustus 2024.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menegaskan bahwa pendidikan nasional didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, serta tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Tak Efektif dan Bakal Gerus UMKM, Pelaku Usaha Minta Dilibatkan Revisi PP 28/2024

Selain itu, pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Fikri menilai bahwa penyediaan alat kontrasepsi bagi siswa sama dengan membolehkan perilaku seks bebas di kalangan pelajar. “Alih-alih mensosialisasikan risiko perilaku seks bebas kepada usia remaja, malah menyediakan alatnya, ini nalarnya ke mana?” ujarnya.

Polemik PP Kesehatan Nomor 28/2024, Komunitas Pelaku Industri Desak Gulirkan Revisi

Fikri menegaskan bahwa semangat dan amanat pendidikan nasional adalah menjunjung tinggi budi pekerti luhur dan norma-norma agama yang telah dirintis oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih

Photo :
  • DPR RI

Ia menekankan pentingnya pendampingan bagi siswa dan remaja, khususnya edukasi mengenai kesehatan reproduksi melalui pendekatan norma agama dan nilai-nilai pekerti luhur yang dianut budaya ketimuran di Nusantara.

“Tradisi yang telah diajarkan secara turun temurun oleh para orang tua kita adalah mematuhi perintah agama dalam hal menjaga hubungan dengan lawan jenis, dan risiko penyakit menular yang menyertainya,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan (UU Kesehatan).

PP ini mengatur penyediaan alat kontrasepsi bagi anak usia sekolah dan remaja. Pasal 103 ayat (1) menyebutkan bahwa upaya kesehatan sistem reproduksi usia sekolah dan remaja mencakup pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi, serta pelayanan kesehatan reproduksi.

Kemudian, ayat (4) menyatakan bahwa pelayanan kesehatan reproduksi bagi siswa dan remaja mencakup deteksi dini penyakit atau skrining, pengobatan, rehabilitasi, konseling, dan penyediaan alat kontrasepsi.

Ilustrasi alat kontrasepsi.

Photo :
  • Dokumentasi HonestDocs
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya