Profil Imane Khelif, Petinju Wanita Biologis Pria yang Bikin Geger Olimpiade Paris

VIVA Trending: Imane Khelif, petinju biologis pria bikin heboh Olimpiade Paris.
Sumber :
  • X | BRICSinfo

Paris, VIVA – Sosok Imane Khelif menjadi viral di media sosial. Ini setelah dia berhasil mengalahkan lawannya di pertandingan penyisihan tinju kategori wanita di Olimpiade Paris, Kamis 1 Agustus 2024. Pasalnya, dia dituding memiliki biologis pria.

Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Seperti apa profil Imane Khelif? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya:

Imane Khelif merupakan seorang petinju amatir Aljazair berusia 25 tahun yang lahir pada 2 Mei 1999. Ia mewakili Timnas Aljazair dalam Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Paris 2024.

Mencuri Hati Legenda Bulutangkis Indonesia di Audisi PB Djarum

Imane Khelif tumbuh besar di Tiaret, sebuah desa pedesaan di Aljazair barat laut. Ia awalnya bermain sepak bola sebelum beralih ke tinju. Pada masa mudanya, ia harus pergi ke desa tetangga untuk menghadiri sesi pelatihan, dan menjual besi tua untuk membayar ongkos bus.[2] Ayahnya tidak menyetujui tinju untuk anak perempuan.

Imane Khelif memulai kariernya dalam Kejuaraan Tinju Wanita Dunia AIBA 2018 di New Delhi, Khelif berpartisipasi untuk pertama kalinya, di mana ia berada di peringkat ke-17 setelah tersingkir dari babak pertama.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Ia kemudian mewakili Aljazair dalam Kejuaraan Tinju Dunia Wanita AIBA 2019 yang diadakan di Rusia, di mana ia menduduki peringkat ke-33 setelah tersingkir dari ronde pertama melawan Natalia Shadrina. Khelif mewakili Aljazair dalam nomor kelas ringan di Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Ia dikalahkan oleh Kellie Harrington dari Irlandia di perempat final.

Petinju Aljazair, Imane Khelif

Photo :
  • iba

Selanjutnya, Imane Khelif berpartisipasi dalam Kejuaraan Tinju Dunia Wanita IBA 2022 dan menjadi petinju wanita Aljazair pertama yang mencapai final setelah ia mengalahkan Chelsey Heijnen dari Belanda. Namun dikalahkan di final oleh Amy Broadhurst dari Irlandia.

Pada Maret 2023, Khelif didiskualifikasi karena gagal memenuhi kriteria kelayakan sesaat sebelum pertarungan medali emasnya di Kejuaraan Tinju Dunia Wanita IBA 2023. Komite Olimpiade Aljazair mengatakan Khelif didiskualifikasi karena alasan medis.

Kemudian dilaporkan bahwa diskualifikasi tersebut disebabkan oleh kadar testosteron yang tinggi. Presiden Asosiasi Tinju Internasional Umar Kremlev mengatakan pengujian DNA terhadap Khelif dan atlet lainnya "membuktikan bahwa dia memiliki kromosom XY dan dengan demikian dikecualikan dari acara olahraga tersebut".

Khelif bukan transgender, tetapi memiliki kelainan perkembangan seks (DSD), yang menyebabkan beberapa wanita memiliki kromosom XY dan kadar testosteron darah yang khas untuk pria. Di Aljazair, negara yang diwakili oleh Khelif, identitas transgender dilarang, mengubah jenis kelamin atau jenis kelamin pada dokumen identitas tidak diizinkan, juga perawatan medis atau hormonal tidak diizinkan untuk beralih ke jenis kelamin lain.

Khelif mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga tetapi kemudian menariknya, membuat keputusan IBA mengikat secara hukum. Pada tahun 2024, IBA mengatakan bahwa Khelif dan yang lainnya "tidak menjalani pemeriksaan testosteron tetapi menjalani tes terpisah dan diakui, di mana hal-hal spesifiknya tetap dirahasiakan".

Komite Olimpiade Internasional (IOC), menggunakan aturan yang berbeda dengan IBA, mengizinkan Khelif untuk berkompetisi di Olimpiade Paris 2024, dengan memastikan bahwa ia mematuhi semua persyaratan dan peraturan medis yang diperlukan untuk acara tersebut, tanpa merinci apa saja aturan persyaratan tersebut. IOC mencatat bahwa Khelif adalah seorang perempuan menurut paspornya dan bahwa ini bukan "masalah transgender".

VIVA Trending: Imane Khelif hajar Angela Carini di Olimpiade Paris 2024

Photo :
  • AP | John Locher

Nama Imane KhelifIa mencuat pekan ini setelah mengalahkan Angela Carini dari Italia dalam waktu 46 detik di Olimpiade Paris 2024, setelah Carini mengundurkan diri dengan alasan rasa sakit yang hebat di hidungnya. 

Reem Alsalem, pelapor khusus PBB untuk kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan, mencuit tentang pertandingan tersebut dengan menulis, “Angela Carini mengikuti nalurinya dan memprioritaskan keselamatan fisiknya, tetapi dia dan atlet perempuan lainnya seharusnya tidak mengalami kekerasan fisik dan psikologis ini berdasarkan jenis kelamin mereka."

Setelah melawan Carini, Imane Khelif dijadwalkan melawan Luca Hámori dari Hungaria di perempat final Tinju Olimpiade Paros 2024 di Kelas 66 kg Putri pada tanggal 3 Agustus 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya