TikToker Indonesia Bagikan 9 Culture Shock Tinggal di Korea Selatan

Ilustrasi negara Korea Selatan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tinggal di Korea Selatan bisa menjadi pengalaman yang luar biasa, tetapi juga penuh dengan tantangan budaya yang mungkin mengejutkan bagi pendatang baru. Salah satunya pengalaman yang dibagikan pemilik akun TikTok @suchieliaartha.

Bungkam Cibiran Netizen, Sarwendah Ungkap Biaya Fantastis Oplas Lebih dari Rp300 Juta

"No salty! ini hanya berdasarkan pengalamanku selama tinggal di korea selatan, jangan langsung dijadikan patokan ya. Terima kasih sudah baca," tulisnya di caption. Berikut adalah beberapa contoh culture shock yang dialami @suchieliaartha:

1. Orang Tidur Sembarangan
Banyak orang tertidur sembarangan karena terlalu mabuk. "Dan mereka tetap baik-baik saja, gak ada yang jahatin atau malingin juga," ungkapnya.

Bisnis AI Data Center Menggiurkan

2. Tidak Boleh Sharing Makanan di Restoran
Banyak resto yang gak bolehin sharing makanan. "Tapi banchannya beragam dan gratis, boleh nambah sesuka hati juga," kata akun @suchieliaartha.

3. Sampah Layak Pakai
Sering liat barang elektronik, teve, kulkas, sofa, dan sejenisnya dibuang padahal masih layak pakai. "Ini boleh diambil siapapun yang mau. Tapi buang barang yang begini, si pembuang harus bayar biasanya," tulisnya.

Bantah Oplas Hidung Gegara Sinus, Sarwendah Tunjukkan Bagian Wajah yang Dipermak

4. Toilet Berpassword
Selain tanpa bidet, kendala toilet umum adalah rata-rata ber-password.

Ilustrasi masyarakat Korea Selatan.

Photo :
  • Pixabay

5. Serba Cepat
Contoh pas pesan makan/minum harus cepat. Mereka bakal kesal kalau harus menunggu kita mikir dulu mau pesan apa. "Jadi sebelum mesen, pastiin kita udah fix sama pesanan kita. Mereka gak mau buang waktu," katanya.

6. Aliran Sesat
Harus hati-hati sama yang berkedok nawarin brosur dengan ramah, muji-muji dan banyak basa-basi. "Bisa jadi itu oknum yang ujung-ujungnya ngajak ikut ke sekte tertentu."

7. Wajah Penuh Perban
Orang pasca oplas yang wajahnya masih diperban, biasa banget ditemuin di tempat umum (cafe, mall, bus, dll)

8. Tong Sampah Khusus
Pakaian, tas, sepatu yang dibuang kondisinya 95 persen masih bagus dan masih sangat amat layak dipakai. "Ini juga boleh diambil siapa saja yang mau," ungkapnya.

9. Couple Culture
Pasangan tidak segan-segan mengumbar kemesaraan menun jukkan kasih sayang, gandengan, pelukan, bermanja-manja, bahkan ciuman di depan umum. "Banyak yang pakai cuple item juga," pungkasnya.

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya