Wasiat Dali Wassink, Suami Jennifer Coppen Sebelum Meninggal: Ini Permintaan Terakhirnya

Jenazah Dali Wassink dikremasi di Krematorium Kertha Semadi, Nusa Dua, Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

VIVA –  Terjawab sudah alasan dibalik mengapa jenazah mendiang suami Jennifer Coppen, Dali Wassink itu dikremasi bukannya dikubur layaknya seorang Muslim seharusnya. Seperti kita ketahui, bahwa Dali Wassink resmi menjadi mualaf sebelum menikahi sang istri Jennifer Coppen.

Terpopuler: 5 Pemain Mualaf Timnas Indonesia, Garuda Melesat Tinggalkan Malaysia

Namun baru-baru ini sejumlah warganet dibuat gagal fokus dan menyoroti agama atau kepercayaan yang belum lama ini dianut oleh pria disapa Papa Dali ini. Pasalnya, meskipun sudah menganut agama Islam dan resmi menjadi seorang mualaf, jenazah Dali justru malah dikremasi.

Proses kremasi terhadap jenazah Yitta Dali Wassink (22) inilaah yang lantas menimbulkan pertanyaan bagi segelintir orang. Sebab, suami aktris Jennifer Coppen meninggal saat dirinya sudah menjadi mualaf atau beragama Islam sejak menikah.

Menyayat Hati, Tangis Perantau Pecah saat Saksikan Pemakaman Ibunya Cuma Lewat Video Call

Jennifer menyadari banyaknya pertanyaan terkait hal tersebut. Rupanya usut punya usut, di balik alasan Jennifer Coppen beserta keluarga besar memilih kremasi untuk jenazah mendiang Dali Wassink ini tak lepas atas dasar wasiat terakhir dari pria satu anak tersebut.

Seperti yang terlihat dari banyaknya video beredar di berbagai media sosial, salah satunya dibagikan akun @Nadajuliaa pada Minggu, 21 Juli 2024. Di mana dalam video tersebut memperlihatkan momen Jennifer Coppen melepaskan abu milik suami tercinta ke laut lepas.

Jokowi Kenang Faisal Basri: Beliau Ekonom Kritis

Setelah melarungkan abu ke laut, Jennifer pun sempat mengucapkan banyak kata kepada ribuan orang yang sudah menghadiri pelepasan abu milik mendiang suaminya tersebut. Ironisnya, ternyata proses jenazah yang dilakukan dengan praktik kremasi ini tak lain tak bukan merupakan sebuah wasiat dari mendiang suaminya sendiri, Dali Wassink.

Jauh sebelum Dali Wassink meninggal di lokasi kejadian usai mengalami kecelakaan, ia pernah berpesan jika meninggal ia ingin dikremasi.

"Mungkin karena belum belajar banyak, dan papa Dali belum mengerti tentang Islam. Dan memang itu permintaan terakhir papa Dali maunya dikremasi," terang Jennifer Coppen di TikTok @Nadajuliaa, dikutip VIVA.co.id pada Senin, 22 Juli 2024.

Jennifer menyebutkan bahwa Dali memang sudah mualaf dan menganut agama Islam, hanya saja suaminya itu masih dalam proses pengenalan terhadap Islam dan belum mengerti lebih jauh. Aktris 23 tahun tersebut juga menjelaskan bahwa semasa hidupnya Dali Wassink juga sudah belajar Agama Islam. Dan, kerap mengajarkan putrinya yang masih bayi, Kamari untuk selalu mengucap basmalah.

"Aku mau minta kalian hargai aja keputusan keluarga, dan itu memang permintaan Papa Dali," kata Jennifer Coppen usai menabur abu suaminya terangnya lebih lanjut.

Lebih lanjut, Jennifer meminta agar semua bisa menghargai keputusan Papa Dali dan keluarga besarnya tersebut. Menurut Jennifer, cara kremasi dipilih Papa Dali lantaran lebih familiar baginya.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang viral di media sosial baru-baru ini pun sukses mengundang reaksi warganet.

"Dia dewasa bangett, pdhal umur ny masih 23th  semangaatt yah mama kamari," tulis warganet.

"nangis bgtt pas bilang "nanti video mukbang nya aku psoting pas udah siap" nagis bangett," timpal lainnya

"papa Dali ada di hati mamari, disimpan di kalung," tandas lainnya.

"mamari minta tolong ke kita buat jangan sedihin papa dali, kebalik mamajen kita yg kepikiran sama elu," sahut lainnya.

"takutt bangett jenifer pingsan dstuuu," kata lainnya.

"E U DI PADANG MAHSYAR PAPA DALI, SEMOGA KITA SEMUANYA DI TEMPATKAN DI SYURGANYA FIRDAUS ALLAH," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya