SK CPNS Dosen 2023 Tak Kunjung Turun, Kiky Saputri Sentil Nadiem Makarim: Mereka Masih Menunggu

Kiky Saputri
Sumber :
  • IG @kikysaputrii

VIVA – Komedian Kiky Saputri baru-baru ini sukses menyedot perhatian warganet di media sosial. Setelah sebelumnya disorot usai pernyataannya tentang sosok Marshel Widianto yang maju mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Tangerang Selatan. 

Pelamar CPNS 2024 Capai 3,2 Juta, Ini 10 Instansi Paling Diminati

Di mana, Kiky menyebutkan secara blak-blakan bahwa rekannya tersebut kurang memahami bagaimana daerah yang akan dipimpinnya. Ia juga mengatakan, bahwa dirinya akan lebih mendukung Marshel jika mencalonkan diri sebagai calon legislatif.

Kini, Kiky Saputri kembali ramai diperbincangkan warganet usai dirinya terang-terangan menyentil secara langsung Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim lewat cuitan pribadinya di akun X atau Twitter terkait nasib CPNS seorang dosen pada Rabu, 17 Juli 2024.

Kementerian ESDM Perpanjang Masa Pendaftaran dan Bolehkan Penggunaan Meterai Tempel

Dalam postingannya tersebut, komika berusia 30 tahun itu secara terang-terangan meminta kepada 
Nadiem Makarim untuk memberikan kejelasan terhadap para dosen yang telah digantungkan haknya untuk mendapatkan SK CPNS.

DPR Minta Syarat Pendaftaran CPNS Dipermudah: Jangan Mempersulit Masyarakat

"Selamat pagi. Lapor Pak! @nadiemmakarim beserta jajaran di @Kemdikbud_RI @Itjen_Kemdikbud @BKNgoid. Hak SK CPNS Dosen 2023 sampai saat ini belum dikeluarkan, bahkan tidak ada kejelasan jika memang ada penundaan," tulis cuitannya dikutip VIVA.co.id pada Kamis, 18 Juli 2024.

Kiky Saputri lebih lanjut menyebutkan, bahwa banyak dari mereka (para dosen) masih menunggu kepastian. Hal tersebut dikarenakan, mereka butuh pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Istri dari Muhammad Khairi ini pun turut menyematkan sejumlah pesan yang mengungkapkan sejumlah keresahan para CPNS dosen tahun 2023 yang didapatkannya melalui pesan singkat yang masuk ke akun X-nya.

Ternyata, dari berbagai keresahan yang dituangkan dalam cuitan tersebut terungkap, bahwa hampir 10 ribu dosen mengeluhkan buruknya birokrasi Kemendikbudristek. 

Hal itulah yang menyebabkan surat keputusan (SK) para CPNS dosen tahun 2023 jadi tak kunjung turun hingga saat ini. Padahal di bawah kementerian lainnya sudah banyak CPNS dosen 2023 yang sudah mendapatkan SJ sejak beberapa bulan lalu.

"SK Kami tidak diberikan melewati timeline yang sudah ditentukan. Mereka tidak memberikan klarifikasi keterlambatan atau paling tidak merilis timeline baru sebagai acuan bagi kami," tulis salah satu pesan dari seorang perwakilan cpns kepada Kiky Saputri.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan cuitan yang dibuat Kiky Saputri pun lantas menuai berbagai reaksi warganet di media sosial.

"Lucunya negara ini, daripada laporan ke lembaga yg bersangkutan, lapor ke komika," tulis warganet.

"Kalo emang masalah ini bisa selesai lewat postingannya @kikysaputrii," sahut lainnya.

"saya usul di kabinet selanjutnya dibuat kementrian viral aja, hapus aja semua inspektorat di kementerian dan alokasikan gaji mereka ke kementrian baru ini," tandas lainnya.

"Halo, Kak Kiky. Terima kasih atas laporannya. Saat ini, Biro SDM Kemendikbudristek terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mempercepat proses penerbitan SK," timpal lainnya.

"Sektor pendidikan kita memang tampaknya bukan prioritas pembangunan, sehingga urusan dalam pengembangan SDM menjadi abai," seru lainnya.

"Padahal ini soal sektor pendidikan, soal membangun kualitas SDM," tulis lainnya.

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya