Latihan Militer Gabungan China dan Belarusia di Perbatasan Polandia Bikin Geram NATO

VIVA Militer Pesawat pembom Xian H-6 dan jet tempur Sukhoi Su-30 militer China
Sumber :
  • japantimes.co.jp

VIVA – Pasukan militer Tiongkok dan Belarusia menggelar latihan antiterorisme gabungan pada tanggal 8 Juli 2024 di Brest, dekat perbatasan Polandia, afiliasi NATO. Operasi selama 11 hari yang diberi nama 'Eagle Assault (Serangan Elang)' itu akan berakhir pada tanggal 19 Juli 2024. Menariknya, elang, khususnya elang botak, telah menjadi burung dan simbol nasional Amerika Serikat sejak tahun 1782, yang muncul pada Segel Besar dan lambang resmi lainnya.

Putin Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Trump 'Speechless'

Sesuai pernyataan Kementerian Pertahanan Tiongkok sebelumnya, fokus utama latihan ini adalah pada kegiatan kontraterorisme, termasuk tugas-tugas seperti penyelamatan sandera. Gambar-gambar yang dibagikan oleh Kementerian Pertahanan Belarus menggambarkan pasukan dari Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) mendarat di Belarus dengan pesawat angkut strategis Y-20. 

Seperti dilansir Asian Lite, Selasa 16 Juli 2024, para pakar Tiongkok, dalam diskusi dengan Global Times yang dikelola pemerintah, menyatakan bahwa latihan bersama ini akan berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas di Eropa Timur di tengah ancaman keamanan yang tidak konvensional.

Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

Mereka selanjutnya menyatakan bahwa baik Tiongkok maupun Belarus akan memperoleh keuntungan dari peningkatan kerja sama keamanan dan pertahanan dalam konteks SCO.

Setelah Belarus resmi bergabung dengan SCO sebagai anggota kesepuluh, latihan militer yang dipimpin oleh Tiongkok dan Rusia telah dimulai. Ini menandai pendaratan pertama pesawat angkut Tiongkok di Belarus, meskipun sebelumnya telah ada undangan ke Rusia. Ini bisa menjadi latihan gabungan perdana PLA di dekat perbatasan NATO.

Gempuran Rusia Makin Brutal, Inggris Pasok 600 Lebih Rudal ke Ukraina

Menteri Luar Negeri Belarusia, Maxim Ryzhenkov, menyampaikan apresiasinya, dengan menyatakan bahwa Belarusia segera mengakui potensi SCO dan terus berupaya mencapai keanggotaan penuh. Ia menekankan bahwa SCO bukan sekadar struktur internasional, tetapi perspektif strategis dan keamanan baru bagi Belarusia. 

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko memeriksa pasukan militer

Photo :
  • AP Photo

Akan tetapi, latihan militer tersebut telah mendapat penolakan dari Polandia dan Ukraina. Ukraina menganggapnya sebagai perpanjangan perang psikologis Belarusia dan Rusia di tengah konflik kekerasan yang sedang berlangsung di Ukraina.

Pada bulan Mei, Pusat Penanggulangan Disinformasi Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina memperingatkan Belarus akan memulai kampanye info-psikologis terhadap Ukraina. Tujuannya, menurut mereka, adalah untuk menimbulkan ketakutan di antara warga Ukraina dan memaksa Kyiv untuk mengalihkan sebagian pasukan ke perbatasan Belarus, sehingga menciptakan front kedua.

Pemimpin Belarusia, Alexander Lukashenko, tetap bungkam mengenai apakah latihan gabungan dengan Tiongkok terkait dengan konflik Ukraina, meskipun ketegangan dengan Kyiv meningkat. Pejabat militer Belarusia menuduh Ukraina berupaya menyeret Belarusia ke dalam konflik dengan mengerahkan pasukan di dekat perbatasan, klaim yang dibantah Kyiv. 

Belarusia, satu-satunya sekutu regional Rusia, telah mengizinkan pasukan Rusia menggunakan wilayah dan wilayah udaranya, meskipun belum terlibat langsung dalam pertempuran. Lebih jauh, Rusia telah menempatkan senjata nuklir taktis di Belarusia dan melakukan latihan nuklir taktis, yang mengirimkan sinyal kuat kepada NATO.

Keberpihakan Belarus dengan Rusia telah menimbulkan tantangan bagi NATO, terutama karena kedekatannya dengan Polandia. Masuknya Tiongkok ke dalam persamaan, mengingat hubungannya yang mulai terjalin dengan Moskow dan kehadirannya yang terbatas di Eropa Timur, diperkirakan akan semakin memperumit masalah.

'Serangan' Tiongkok ke Ukraina Timur yang Berbatasan dengan NATO

VIVA Militer: Serangan rudal Rusia di Oblast Kharkiv, Ukraina

Photo :
  • ria.ru

Hubungan militer Tiongkok yang semakin erat dengan Belarus dan latihan militer yang akan datang patut dicatat, terutama karena negara-negara NATO semakin terlibat di Indo-Pasifik, kawasan tempat Tiongkok menegaskan dominasinya. Misalnya, bulan ini akan terlihat 30 pesawat dari Angkatan Udara Spanyol, Prancis, dan Jerman berpartisipasi dalam latihan militer bersama Angkatan Udara Bela Diri Jepang. 

Ini menandai pengerahan gabungan pertama negara-negara NATO ini di Indo-Pasifik, sebagai bagian dari inisiatif Pacific Skies selama dua bulan. Menariknya, latihan militer ini bertepatan dengan berakhirnya latihan militer Tiongkok-Belarusia pada 19 Juli.

Pengamat militer di media sosial berpendapat bahwa aliansi Tiongkok yang semakin erat dengan Belarus berfungsi untuk memberi sinyal kepada NATO dan membangun pencegahan. Para ahli menyoroti bahwa Belarus, yang sebelumnya digunakan oleh Rusia, kini menjadi aset strategis bagi Tiongkok untuk menegaskan kekuasaan dan mengomunikasikan kehadirannya di sisi timur NATO yang rentan.

Analis pertahanan AS Ben Lewis, ketika ditanya tentang penempatan China dalam NATO, menyatakan bahwa hubungan China yang semakin erat dengan Belarus merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk menyatukan negara-negara yang tidak menyukai Barat ke dalam tatanan global alternatif. Langkah ini juga bertujuan untuk menantang NATO, yang menganggap China sebagai ancaman.

Lewis menjelaskan, “Bantuan Beijing kepada Moskow di Ukraina bersifat inventif. Bantuan ini bukan hanya tentang bantuan material; operasi psikologis dan perang informasi, yang ditujukan untuk memengaruhi motif, penalaran, dan pada akhirnya perilaku pemerintah dan kekuatan asing yang besar, telah menjadi bagian integral dari dukungan ini.”

Don McLain Gill, seorang analis geopolitik yang berkantor di Filipina dan dosen di DLSU, menyampaikan kepada media bahwa “Tiongkok melihat Belarus sebagai benteng tambahan di Eropa Timur. Hal ini sejalan dengan tujuan Tiongkok untuk menjaga kedekatan dengan negara-negara yang menentang Barat demi rencana geopolitik jangka panjang yang potensial. Meskipun Belarus memiliki keterbatasan material, posisi geografisnya di Eropa sangat menarik bagi Beijing.”

VIVA Militer: Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

Photo :
  • scmp.com

Berdasarkan teori ini, hubungan Tiongkok yang semakin erat dengan Hongaria, anggota NATO Eropa Timur, patut diperhatikan. Pemimpin Hongaria Viktor Orban memulai kunjungan ke Beijing pada 8 Juli. 

Beberapa pihak berspekulasi bahwa upaya Tiongkok untuk menjangkau Belarus mungkin merupakan strategi Rusia-Tiongkok untuk membatasi Ukraina. Sementara AS dan NATO menuduh Tiongkok membantu militer Rusia melawan Ukraina, Tiongkok membantah klaim tersebut.

Perlu dicatat bahwa kehadiran militer Tiongkok di Belarus menyusul kritik terbaru dari kepala NATO mengenai dugaan dukungan Tiongkok terhadap invasi Rusia ke Ukraina selama beberapa bulan. Jens Stoltenberg, Sekretaris Jenderal NATO, menyatakan bulan lalu, “Di permukaan, Presiden Xi tampaknya menjauhkan diri dari konflik Ukraina untuk menghindari sanksi dan memastikan perdagangan tidak terganggu."

"Namun, kenyataannya adalah bahwa Tiongkok berkontribusi pada konflik bersenjata paling signifikan di Eropa sejak Perang Dunia Kedua, sementara pada saat yang sama berusaha mempertahankan hubungan positif dengan Barat. Beijing tidak dapat bermain di kedua sisi,” jelasnya.

VIVA Militer: Kapal perang Yinmahu (834) militer China

Photo :
  • scmp.com

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya