Filipina Bersiap Hadapi Konflik Bersenjata di Tengah Meningkatnya Agresi Tiongkok

Sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok berada dekat dengan kapal patroli Filipina di Laut Cina Selatan.
Sumber :
  • AP Photo/Joeal Calupitan.

VIVA – Tindakan Tiongkok terkait pembagian Laut Cina Selatan dengan Filipina sejauh ini agresif tetapi tidak mematikan, namun Manila tidak ingin mengambil risiko besar dengan tidak waspada dan tidak siap. Filipina kini telah memutuskan untuk memodernisasi sistem pertahanannya untuk melawan pasukan Tiongkok jika bentrokan yang sedang berlangsung berubah menjadi peperangan. Hal ini melibatkan pembelian jet tempur, rudal supersonik, dan kapal selam.

Mantan Wali Kota Buronan Filipina Klaim Masuk RI Buat Cari Suaka

Dilansir The Hongkong Post, Sabtu 13 Juli 2024, agresi dan hegemoni Tiongkok di Laut Cina Selatan telah memaksa pemerintah Filipina untuk bersiap menghadapi konflik besar. Beberapa kapal Filipina dihadang dan dirusak oleh angkatan laut Tiongkok di wilayah yang telah dinyatakan sebagai wilayah maritim Filipina oleh Pengadilan Den Haag.

Beberapa hari yang lalu, baik Tiongkok maupun Filipina sepakat untuk mengadakan diskusi guna meredakan ketegangan bilateral. Namun, Tiongkok terus menggunakan meriam air, tabrakan, dan taktik serudukan terhadap kapal-kapal Filipina. Tiongkok disalahkan karena membatasi kapal-kapal yang terlibat dalam kegiatan penangkapan ikan, pasokan, dan patroli di wilayah Filipina.

China Ikut Dorong UMKM Indonesia dapat Bersaing di Pasar Global

Sementara Tiongkok berusaha mempertahankan dialog dan konsultasi untuk menyelesaikan perbedaan, Tiongkok tetap bersikap agresif dalam melarang Filipina dan negara-negara ASEAN lainnya menggunakan lebih dari 90 persen wilayah Laut Cina Selatan.

Beijing bahkan mengirim kapal raksasa ke Second Thomas Shoal yang disebut Manila sebagai zona ekonomi eksklusif (ZEE). Hal itu menyebabkan upaya bilateral baru-baru ini untuk “memulihkan kepercayaan“ dan “membangun kembali keyakinan” menjadi luntur.

Bertemu Presiden Laos, Prabowo Kenalkan Diri sebagai Calon Presiden Terpilih RI

Hal ini menyebabkan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. menyatakan kurangnya kepercayaan pada visi untuk “perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran” di Laut Cina Selatan. “Sayangnya, visi ini masih jauh dari kenyataan. Tindakan ilegal, koersif, agresif, dan menipu terus melanggar kedaulatan, hak kedaulatan, dan yurisdiksi kami,” katanya.

VIVA Militer: Bentrok antara Penjaga Pantai China dan tentara Filipina

Photo :
  • maritime-executive.com

Di tengah meningkatnya provokasi dan agresi militer dari pihak Tiongkok, Filipina telah meminta Beijing untuk tidak melewati batas. Dengan sikap tegas, Marcos Jr mengatakan bahwa akan menjadi "tindakan perang" jika bahkan satu warga negara Filipina terbunuh dalam agresi Tiongkok.

"Jika dengan tindakan yang disengaja seorang warga negara Filipina - bukan hanya prajurit, tetapi bahkan warga negara Filipina terbunuh, itulah yang menurut saya sangat, sangat dekat dengan apa yang kami definisikan sebagai tindakan perang dan oleh karena itu kami akan menanggapinya dengan tepat," katanya.

Peringatan itu muncul setelah seorang prajurit Filipina kehilangan ibu jarinya saat pasukan China menyerang sebuah kapal baru-baru ini. Manila telah mengirim sinyal yang jelas kepada Beijing bahwa sekarang mereka tidak akan tunduk pada dominasi China, tetapi akan melawannya.

Selain itu, Filipina telah menuntut China untuk membayar USD satu juta atas kerusakan yang terjadi pada peralatan dan personelnya selama agresi China di Laut China Selatan.

Bentrokan ini dapat berubah menjadi konflik bersenjata karena tindakan Tiongkok, kata Collin Koh, peneliti senior di Sekolah Studi Internasional S Rajaratnam yang berbasis di Singapura. “China bisa saja mengambil risiko dengan mengambil risiko tinggi dengan memaksakan pemaksaan, sehingga meningkatkan kemungkinan salah perhitungan saat emosi memuncak,” katanya. Pengendalian diri oleh pihak Filipina telah mencegah eskalasi sejauh ini, tambah Koh.

Di tengah meningkatnya ketegangan, Filipina telah menyetujui pembelian jet tempur multiperan baru, seperti F-16 buatan AS dan JAS-39 buatan Swedia, untuk meningkatkan kemampuan pertahanan eksternalnya. Keputusan untuk melakukan pembelian mahal pada sektor pertahanan meskipun menghadapi kesulitan keuangan menandakan niat Filipina untuk memeriksa operasi udara dan maritim China di Laut Cina Selatan.

VIVA Militer: Jet tempur General Dynamics F-16 Fighting Falcon

Photo :
  • navy.mil

Filipina telah membeli rudal jelajah supersonik bernama BrahMos dari India. Rudal-rudal ini berbasis di pantai dan memiliki sistem antikapal dengan jangkauan 290 kilometer. Pangkalan rudal antikapal BrahMos pertama menghadap Laut Cina Selatan. Rudal-rudal ini akan memperkuat sistem pertahanan pantai Filipina, yang memungkinkannya untuk melindungi hak kedaulatannya terhadap ambisi ekspansionis Tiongkok, kata analis geopolitik yang berbasis di Manila, Don McLain Gill.

“Ini menambah lapisan pencegahan yang penting dan praktis bagi Filipina di tengah keterbatasan sumber daya militernya terhadap Tiongkok,” katanya.

Selain itu, pemerintah Filipina telah menyetujui pembelian kapal selam. Hal ini dapat mencegah kapal-kapal besar Tiongkok untuk sering memasuki perairan Filipina. “Kami mungkin bukan angkatan laut yang besar, tetapi kami akan memiliki angkatan laut yang akan menjaga hak-hak teritorial dan kedaulatan kami,” kata Roy Trinidad, juru bicara angkatan laut Filipina. Filipina akan menanggapi pelecehan Tiongkok dengan tepat, kata Jenderal Romeo Brawner Jr, kepala angkatan bersenjata negara itu.

Filipina dan China

Photo :
  • Wikimedia

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya