Ketua KPU Dipecat Karena Kasus Asusila Jadi Sorotan Netizen

Ketua KPU RI Hasyim Asyari membacakan hasil Pemilu 2024
Sumber :
  • KPU RI

VIVA – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhi sanksi berupa pemecatan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari.

Megawati ‘Sentil’ Jokowi: Jangan Bikin Versi Sendiri!

Hasyim dinyatakan terbukti melanggar kode etik dan pedoman perilaku berupa tindakan asusila terhadap Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy'ari selaku Ketua merangkap Anggota Komisi Pemilihan Umum terhitung sejak putusan ini dibacakan," ujar Ketua DKPP Heddy Lugito saat membacakan putusan di Jakarta pada Rabu, 3 Juli 2024.

Jokowi Ungkap Penyebab Indonesia Tak Swasembada Pangan Lagi

Ia menjelaskan bahwa putusan ini harus segera dilaksanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secepatnya. DKPP meminta Jokowi menindaklanjuti paling lambat tujuh hari setelah putusan diketuk.

Adapun, perkara ini diadukan oleh perempuan berinisial CAT, yang memberikan kuasa Aristo Pangaribuan, Uli Pangaribuan, Abdul Toni, dan kawan-kawan. Pengadu mengadukan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Video Ayu Ting Ting Tak Mau Jadi yang Kedua di Depan Raffi Ahmad Viral Lagi, Netizen: Karma is Real

Dalam pokok aduan, Pengadu mendalilkan Teradu diduga mengutamakan kepentingan pribadi dan memberikan perlakukan khusus kepada Pengadu yang bekerja sebagai Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda. Selain itu, Teradu juga diduga telah menggunakan relasi kuasa untuk mendekati dan menjalin hubungan dengan Pengadu.

Tangkapan layar - Ketua KPU Hasyim Asyari memberikan keterangan sebagai teradu dalam persidangan dugaan pelanggaraan Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) di kantor DKPP, Jakarta, sebagaimana dipantau melalui YouTube DKPP RI, Senin, 27 Februari 2023.

Photo :
  • ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Reaksi Netizen

Artikel ini menarik perhatian netizen. Banjir hujatan dari netizen mengarah kepada Hasyim Asy'ari. Apalagi beberapa netizen menilai Hasyim Asy'ari tidak cakap dalam memimpin KPU.

"Allah menampakkan atas perbuatan kau selama ini, ketidak adilan dan tidak kejujuran kau selama pemilu," tuding seorang netizen di kolom komentar.
"Ayo minta pembelaan sama pakde," tambah yang lainnya.

"Sudah selayaknya dia dipecat. Terlalu banyak pelanggaran yg diperbuat."
"Pelanggaran dia menjabat ketua KPU sudah banyak sudah layak dipecat,"
"Tugas selesai, tidurkan sejenak, nanti diam2 gak tau hadir di mana,"

"Tenang nanti dapat jabatan lagi masih konoha,"
"Misi selesai, kakak dah naik, aturan sdh dirubah buat bontot... saatnya ganti pemain,"
“Akhirnya doa gw selama ini terkabulkan amin,”

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya