Heboh Isu Kaesang Pangarep Maju Pilkada 2024, Ini Dia Sejumlah Daerah yang Diusulkan

Kaesang Pangarep
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Viral di media sosial kabar isu Kaesang Pangarep bakal maju di Pilkada 2024. Seperti salah satunya diketahui dari unggahan di berbagai media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @totalpolitikcom pada 5 Juni 2024 lalu.

Megawati ‘Sentil’ Jokowi: Jangan Bikin Versi Sendiri!
Jokowi Ungkap Penyebab Indonesia Tak Swasembada Pangan Lagi

Dalam unggahan tersebut, dikabarkan bahwa Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia, Kaesang Pangarep angkat bicara mengenai peluangnya maju di Pilkada 2024 pasca putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan gugatan terhadap aturan bahwa usia paling rendah untuk jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur 30 tahun, dan batas usia 25 tahun untuk calon Bupati dan Wakil Bupati atau calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terhitung sejak penetapan pasangan calon. 

"Dia mengakui putusan MA itu memang memungkinkan dirinya untuk maju," tulis keterangan dalam unggahan kabar Instagram @totalpolitikcom dikutip VIVA.co.id pada Rabu, 3 Juli 2024.

Kaesang Blusukan di Tanjung Priok, Salat Jumat hingga Bagi Buku Gratis

Karena isu tersebut, nama putra bungsu Presiden Joko Widodo ini belakangan menjadi sorotan publik, karena bakal ikut maju Pilkada 2024. Sayangnya hingga saat ini, Kaesang Pangarep belum secara resmi mengumumkan pencalonannya untuk Pilkada di daerah tertentu.  

Namun, spekulasi dan dukungan dari berbagai pihak terkait potensi pencalonannya terus berkembang. Berikut ini terdapat sejumlah daerah yang digadang-gadang mengusung Kaesang Pangarep untuk maju Pilkada 2024. Mana saja itu?

Kota Jakarta

Pertama, ada wilayah Kota Jakarta. Kaesang Pangarep, menyatakan ketersediaannya jika dirinya diminta maju menjadi calon gubernur Jakarta untuk Pilkada 2024.  Namun dia bersedia maju di Pilkada Jakarta jika memang dirasa pantas. 

"Ya selama memang didukung (untuk maju Pilgub Jakarta) oleh partai-partai, enggak masalah juga," kata Kaesang, pada Jumat, 21 Juni 2024 dikutip VIVA.co.id.

Sebelumnya, kabar Kaesang maju di Pilgub Jakarta mencuat usai Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengunggah foto Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono bersanding dengan Kaesang Pangarep pada Rabu 29 Mei 2024. 

Foto di akun media sosial Instagram pribadi @sufmi_dasco itu ditambah dengan tulisan calon gubernur DKI Jakarta dan calon gubernur DKI Jakarta "For Jakarta 2024".

Rencana Kaesang maju di Pilkada Jakarta pun mendapat dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio mengatakan, Kaesang bakal dipertimbangkan apabila mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak maju pada Pilkada Jakarta 2024.

“Kalau di level saya ya, ini juga menjadi masukan kalau seandainya Ridwan Kamil tidak (jadi maju) gitu ya, apa yang harus kita tampilkan. Oh berarti ada alternatif lain yaitu Mas Kaesang,” kata Eko usai Rakernas PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Sabtu, 29 Juni 2024, dikutip dari Antara.

Kota Depok

Ada kabar bahwa Kaesang Pangarep diusulkan untuk maju sebagai calon Wali Kota Depok. Beberapa partai politik di daerah tersebut menunjukkan minat untuk mengusungnya mengingat popularitas dan pengaruh keluarganya.

Kota Solo, Jawa Tengah

Sebagai kampung halaman keluarga Presiden Joko Widodo, Solo menjadi salah satu daerah yang sering disebut-sebut dalam spekulasi mengenai karir politik Kaesang. Popularitas keluarga Jokowi di Solo dapat menjadi modal besar jika Kaesang memutuskan untuk maju di sini.

Kabupaten Bogor

Kaesang juga dikabarkan diusulkan untuk maju di Kabupaten Bogor. Dengan populasi besar dan dinamika politik yang kompleks, Bogor bisa menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi Kaesang.

Kota Tangerang Selatan

Tangerang Selatan, sebagai salah satu daerah yang berkembang pesat di wilayah Jabodetabek, juga disebut-sebut sebagai salah satu tempat potensial bagi Kaesang untuk terjun ke dunia politik.

Kota Bekasi

Kota Bekasi dengan populasi yang besar dan kebutuhan pembangunan yang signifikan juga muncul sebagai salah satu daerah yang mungkin mengusung Kaesang dalam Pilkada.

Hingga ada pengumuman resmi dari Kaesang Pangarep atau partai politik yang mengusungnya, informasi mengenai daerah spesifik yang akan mengusung Kaesang tetap berada dalam ranah spekulasi. Namun, beberapa daerah seperti Depok, Solo, Bogor, Tangerang Selatan, dan Bekasi sering disebut-sebut dalam berbagai spekulasi dan diskusi publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya