Geger! Kades di Wakatobi Kecewa Gegara Aksi Bule Asal Denmark Perbaiki Jembatan di Wilayahnya

Bule Denmark dan kades Wakatobi
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Baru-baru ini media sosial dihebohkan oleh aksi bule asal Denmark yang memiliki kebesaran hati dalam membantu warga Wakatobi memperbaiki jembatan yang ada di wilayahnya. Bule asal Denmark tersebut bernama Kristian Hansen, aksinya memperbaiki jembatan yang rusak ini pun berhasil menyedot perhatian warganet di media sosial.

Bobol ATM di Palembang Dibantu Hacker Meksiko, Bule Rusia Berstatus Residivis Dituntut 1,5 Tahun

Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan banyak pujian dari masyarakat di Tanah Air. Seperti diketahui Hansen telah memperbaiki jembatan rusak yang berada di Kampung Bajau di Desa Samabahari, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. 

Tidak hanya jembatan, ia juga memperbaiki sejumlah rumah warga yang rusak, seperti perbaikan dinding hingga atap rumah warga. Menariknya, biaya yang dirogohnya tersebut berasal dari aksi penggalangan dana yang ia lakukan di media sosial pribadinya.

PUPR Tuntaskan Pembangunan Jalan Simpang Holat - Ohoiraut di Pulau Kei Besar dan Pulau Buru

Dari aksinya tersebut, ia berhasil mengumpulkan uang senilai Rp75 juta hanya dalam waktu 24 jam saja. Sayangnya aksi baik Hansen dalam memperbaiki jembatan di wilayah kabupaten Wakatobi tak selalu mendapatkan reaksi positif maupun pujian dari warganet di media sosial. 

Ia juga mendapatkan reaksi negatif dalam bentuk kekecewaan yang diungkapkan oleh pemerintah desa setempat. Hal tersebut seperti terlihat dalam sebuah potongan video yang viral di media sosial baru-baru ini. 

Seorang Pria Nekat Naik Atap Stadion di Laga Euro 2024 Jerman Vs Denmark Tadi Malam

Salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @viralno.1 ini menampilkan aksi sosok kepala desa Samabahari Gamis yang secara blak-blakan mengaku kecewa dengan adanya perbaikan jembatan di wilayahnya tersebut.

Dalam video yang beredar tersebut, Samabahari Gamis selaku Kepala Desa mengungkapkan bahwa jembatan tersebut belum dilakukan perbaikan oleh pemerintah desa karena ada salah satu hal.

Menurutnya, kondisi jembatan tersebut dinilai masih layak untuk digunakan dalam kurun waktu dua tahun kedepan. Ia pun juga mengungkapkan, bahwa dirinya sangat kecewa terhadap aksi bule asal Denmark yang belakangan ini viral di media sosial.

"Yang dilakukan youtuber tersebut sangat-sangat mengecewakan karena perbaikan jembatan tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan kami sebagai pemerintah desa," katanya, dikutip VIVA.co.id pada akun Instagram di atas pada Selasa, 2 Juli 2024.

Menurut penuturannya, bahwa jembatan yang diperbaiki bule Denmark di Dusun Pagana tersebut tidak diganti secara keseluruhan, namun hanya papan pijakannya saja. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa jembatan tersebut bukan jembatan yang umum untuk dilintasi warga, namun hanya penghubung ke salah satu home stay milik warga.

Meski aksi bule tersebut kurang mendapat respon positif dari pemerintah desa setempat usai berkunjung ke Wakatobi hingga melakukan perbaikan jembatan, namun aksi Kristian Hansen menuai pujian dari warganet.

Kini jembatan yang awalnya terlihat reot dan rapuh telah berubah menjadi penghubung jalan yang layak untuk dilewati. 
 

Reaksi Warganet

Viralnya unggahan video yang menampilkan aksi seorang kades di Wakatobi yang kecewa pada bule asal Denmark ini pun sukses menuai beragam reaksi warganet di media sosial.

"Bukannya terimakasih malah kecewa ,dari situ kan ketawan dana kades lari kemana," tulis warganet.

"DANA DESA DIKEMANAIN WOII KPK turun lah," seru lainnya.

"Emang aneh negeri ini.. giliran digerakin orang lain kesinggung, dari dulu ngapain aja," tulis lainnya.

"Benar itu harusnya lewat pemerintah setempat om kalau buat jembatan umum," kata lainnya.

"Bener kata kepala desanya, harus ada pemberitahuan ke desa terlebih dahulu," tandas lainnya.

"Ya marahlah, harusnya perbaikan itu pake dana desa dan bisa dapat bagian fee dari proyek jd bingung mau bikin proyek apalagi kan," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya