15 Ribu Orang Kaya Tinggalkan Tiongkok Sepanjang 2024

Bandar Udara Internasional Beijing Capital (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • Shimin Gu / Wikimedia Commons

VIVA – Jumlah jutawan yang mencapai rekor tertinggi diperkirakan akan meninggalkan Tiongkok pada tahun 2024, sebuah perkembangan yang dapat berdampak pada perekonomian negara besar di Asia tersebut yang sedang mengalami kesulitan, menurut sebuah laporan baru.

Wuling Air ev Pre Owned Bisa Jadi Pilihan Hemat untuk Mobilitas Harian

The Epoch Times mengabarkan, mengutip laporan tanggal 18 Juni 2024 oleh konsultan imigrasi investasi Inggris, Henley & Partners, bahwa Tiongkok kehilangan setidaknya 15.200 jutawan tahun ini, lebih banyak dibandingkan negara mana pun di dunia dan melampaui rekor negara tersebut sebelumnya yaitu 13.800 jutawan yang dicapai pada tahun 2023.

Menurut laporan berjudul “Henley Private Wealth Migration Report 2024”, negara-negara tujuan utama orang-orang kaya asal Tiongkok yang mencari kehidupan yang lebih baik adalah Amerika Serikat, Kanada, dan Singapura. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang kaya Tiongkok yang mempertimbangkan Jepang.

China Bikin Motor Bongsor Penakluk Honda Gold Wing

“Tiongkok kembali berada di jalur yang tepat untuk menjadi jutawan pecundang terbesar secara global, dengan antisipasi net exit sebanyak 15.200 HNWI (high-net-worth individual) pada tahun ini, dibandingkan dengan 13.800 pada tahun 2023,” menurut laporan tersebut.

Memperhatikan bahwa tahun 2024 akan menjadi momen penting dalam migrasi kekayaan global, group head klien swasta di Henley & Partners, Dominic Volek, mengatakan, “128.000 jutawan diperkirakan akan pindah ke seluruh dunia pada tahun ini, yang belum pernah terjadi sebelumnya, melampaui angka yang diperkirakan sebelumnya. Rekor sebelumnya yaitu 120.000 yang terjadi pada tahun 2023.”

Israel Ancam Hamas jika Tidak Setujui Proposal Gencatan Senjata dari AS

“Saat dunia bergulat dengan badai ketegangan geopolitik, ketidakpastian ekonomi, dan gejolak sosial, para jutawan memberikan suara mereka dalam jumlah besar,” kata Volek.

Ilustrasi menunggu pesawat di bandara.

Photo :

“Dalam banyak hal, migrasi besar-besaran jutawan ini merupakan indikator utama, yang menandakan perubahan besar dalam lanskap global dan lempeng tektonik kekayaan dan kekuasaan, dengan implikasi yang luas terhadap masa depan negara-negara yang mereka tinggalkan atau negara-negara yang mereka tinggalkan. membuat rumah baru mereka,” tambahnya.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi dan ketegangan geopolitik merupakan salah satu faktor utama yang mendorong para jutawan Tiongkok untuk mencari cakrawala baru, kata Volek dalam laporan tersebut, seraya menambahkan bahwa eksodus orang-orang kaya Tiongkok dan aset-aset mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya dapat memperburuk tantangan perekonomian negara tersebut.

Henley & Partners mencatat dalam laporannya, mengutip analis imigrasi, bahwa pertumbuhan kekayaan secara umum di Tiongkok telah melambat selama beberapa tahun terakhir, yang berarti arus keluar ini bisa lebih merugikan dari biasanya.

The Epoch Times melaporkan, dengan mengutip para analis Tiongkok, bahwa perekonomian negara Xi Jinping mengalami pemulihan pasca-pandemi yang tidak seimbang, sementara ekspor dan sektor manufaktur negara tersebut meningkat, permintaan domestik tetap lemah, sehingga memicu ketegangan dengan mitra dagangnya.

Ketika Partai Komunis Tiongkok (PKT) terus fokus pada peningkatan produksi di sektor energi alternatifnya, Amerika Serikat mengumumkan pada bulan Mei bahwa mereka berencana untuk mengenakan tarif 100 persen pada kendaraan listrik (EV) yang diimpor dari Tiongkok pada tahun 2024.

Uni Eropa (UE), awal bulan ini, memberlakukan pungutan impor tambahan pada kendaraan listrik buatan Tiongkok, dan sebagai tanggapannya, kementerian perdagangan rezim PKT pada tanggal 17 Juni memulai penyelidikan anti-dumping terhadap daging babi yang diimpor dari UE, sehingga meningkatkan ketegangan antara Tiongkok dan 27 negara anggota blok UE, setelah itu beberapa analis memperingatkan tentang potensi perang dagang antara Brussels, Washington, dan Beijing yang dapat semakin menghambat pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Seorang personel Kepolisian Bersenjata China (PAP) bersiaga di Lapangan Tiananmen di seberang Balai Agung Rakyat, Beijing, sebagai tempat digelarnya rangkaian pembukaan Sidang Parlemen Dua Sesi, Sabtu, 4 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie

Laporan tersebut menunjukkan bahwa sektor real estat Tiongkok, yang pernah menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi negara tersebut, terus memburuk.

Menurut laporan The Epoch Times, lembaga pemeringkat kredit Amerika Fitch Ratings, pada bulan April, merevisi prospek perekonomian Tiongkok dari stabil menjadi negatif, meskipun tetap mempertahankan obligasi negara pada peringkat A+.
Lembaga pemeringkat kredit tersebut mengutip meningkatnya risiko terhadap sektor keuangan publik Tiongkok ketika otoritas Tiongkok mengatasi meningkatnya utang pemerintah daerah dan transisi dari model pertumbuhan yang sangat bergantung pada sektor properti yang bermasalah, seperti yang dilaporkan oleh The Epoch Times.

Tidak hanya Tiongkok, Britania Raya (Inggris) diperkirakan akan mengalami kerugian bersih sebesar 9.500 jutawan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2024 – peringkat kedua setelah Tiongkok di seluruh dunia, dan lebih dari dua kali lipat dibandingkan 4.200 orang yang meninggalkan negara tersebut pada tahun lalu, yang merupakan rekor baru setelah eksodus 1,600 HNWI pada tahun 2022, menurut laporan Henley & Partners.

Namun, laporan tersebut menyatakan bahwa Uni Emirat Arab (UEA) tetap menjadi magnet kekayaan terbesar di dunia selama tiga tahun berturut-turut.

Dengan nol pajak penghasilan, visa emas, gaya hidup mewah, dan lokasinya yang strategis, UEA telah mengukuhkan dirinya sebagai tujuan migrasi jutawan nomor satu di dunia dan siap menyambut rekor arus masuk bersih sebesar 6.700 orang pada tahun ini saja, menurut laporan tersebut.

Dengan arus masuk yang tinggi secara konsisten dari India, wilayah Timur Tengah yang lebih luas, Rusia, dan Afrika, antisipasi masuknya lebih banyak warga Inggris dan Eropa tampaknya akan membuat Emirates menarik jutawan hampir dua kali lebih banyak dibandingkan pesaing terdekatnya, Amerika Serikat. diproyeksikan mendapat manfaat dari arus masuk bersih 3.800 jutawan pada tahun 2024, menurut Henley Private Wealth Migration Report 2024.

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya