Gegara Dihantui Mimpi Aneh, Pria Ini Rela Umrah Lagi untuk Kembalikan Pasir dari Jabal Malaikat

Pria paruh baya kembalikan pasir di Jabal Malaikat
Sumber :
  • TikTok

VIVA – Baru-baru ini media sosial dihebohkan oleh sebuah tayangan video yang memperlihatkan aksi seorang pria paruh baya membawa sebuah botol yang berisikan pasir di Jabal Malaikat.

Dua Jemaah Haji Asal Jombang Meninggal Dunia dan Dimakamkan di Tanah Suci

Seperti diketahui dari unggahan video yang beredar di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun TikTok @yumeihomekkah aksi pria tersebut pun sontak viral hingga ramai menjadi perbincangan di warganet.

Bagaimana tidak dalam video tersebut, pria paruh baya yang mengenakan pakaian kemeja dan sarung berwarna hitam itu terlihat sedang menaburkan pasir yang ia bawa dalam sebuah botol.

Anisa Bahar Diduga Dapat Kiriman Santet, Muncul Gundukan Pasir dan Belatung di Dalam Rumah
Dicecar Hakim, SYL Ngaku Mau Bayar Biaya Umrah tapi Gak Tahu Jumlah Tagihannya

“Mohon maaf, Jabal, pasir malaikat. Campur, kembalikan aslinya di sini, satu, dua, ya ini,” katanya dikutip VIVA.co.id pada Senin, 24 Juni 2024.

Dalam video tersebut, terdengar pria yang mengenakan surban hitam di dadanya itu menceritakan bahwa dirinya sering kali mendapatkan mimpi aneh usai dirinya pernah mengambil pasir dari Jabal Malaikat pada beberapa waktu lalu.

“Bapak ini mengambil pasir di jabal malaikat tapi selalu bermimpi,” tulis keterangan pada video tersebut.

Merasa dirinya tak tenang usai selalu mendapatkan hal aneh lewat mimpi, pria dalam video tersebut akhirnya rela untuk umrah dan kembali ke Tanah Suci Mekkah untuk mengembalikan pasir yang pernah ia ambil beberapa waktu lalu.

"Rela umrah kembali untuk kembalikan pasirnya," katanya dalam video tersebut sambil menyesali perbuatannya tersebut.

Seperti diketahui, Jabal Malaikat itu sendiri merupakan sebuah gunung di Arab Saudi yang memang dikenal tempat sangat suci. Mengingat, tempat tersebut menjadi salah satu lokasi di mana turunnya ribuan malaikat saat membantu pasukan Rasulullah SAW dalam Perang Badar.

Dikenal sebagai tempat suci, tak heran jika jemaah haji maupun umrah dilarang untuk melakukan hal aneh di lokasi tersebut. Terlebih untuk mengambil pasir dari Jabal Malaikat hingga membawanya pulang ke Tanah Air.

Adanya larangan tersebut, tentunya didasarkan alasan keagamaan dan etika yang penting untuk dipahami oleh para jemaah. Dalam hal ini Ibnu Hazm Rahimatullah selaku ahli ilmu fikih dan sejarawan, juga mengungkapkan hukum soal seseorang yang mengambil tanah maupun batu dari suatu tempat yang halal. Terlebih, jika tanah tersebut dimasukkan kembali ke tanah yang haram.

“Tidak dihalalkan mengeluarkan sedikit pun, baik tanah maupun batu (tanah) haram ke (tempat tanah) halal. dan Atha’ berkata: 'Dimakruhkan mengeluarkan tanah haram ke (tanah) halal atau memasukkan tanah halal ke (tanah) haram'."

Reaksi Warganet

Unggahan video viral yang memperlihatkan aksi pria paruh baya ini pun viral dan menyedot perhatian warganet di media sosial.

"Pas umroh umi selalu wanti-wanti "jangan bawa apapun kecuali apa yg kamu beli" karena emang 1. Mengambil sesuatu yg bukan hak atau milikmu itu dosa. 2. Bisa aja itu barang ada jinnya atau apa gt ya krna bukan milik mu itu akhirnya bawa keburukan," tulis warganet.

"Percaya ga percaya, kalau yg bawa2 beginian terus diniatkan untuk penglaris, maka usahanya sepulang dari tanah haram benar benar sangat laris. Tapi setelah itu hancur sehancur2 nya. Yang bawa akan selalu dimimpikan hal hal bersifat goib dan mengganggu jiwa sampai bisa berujung sakit mental, perpisahan dengan pasangan sampai ada yang stres," seru lainnya.

"Balikin barang gini juga agak creepy, ada wangi2an kemudian yang bawa bisa berubah sifat karakternya. Sampai akhirnya bisa dikembalikan jadi 1," kata lainnya.

"Tolong yang haji bawain pasirnya buat saya, bismilah biar saya yang mulangin nanti pasirnya aminnn," seru netizen lain.

"Ya iya lah jangan dibawa nanti kena pajak bea cukai," terang lainnya.

"Ambil pasir lalu bawa pulang, bagikan ke smua kluarga, lalu suruh balikin masing," seru lainnya.

"Wng dia punya travel, jadi uda biasa bolak balik ke sana," tulis lainnya.

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini,

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya