Pemegang Kunci Ka'bah ke-77 Wafat di Mekkah, Sosoknya Mengabdikan Hidupnya untuk Keluarga

Dr. Saleh bin Zain Al -Abidin Al-Shaibi,
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Kabar duka cita datang dari Tanah Suci, Mekkah. Penjaga sekaligus pemegang kunci Ka'bah, Dr Saleh Bin Zin Al-Abidin Al-Shaibi dikabarkan mengembuskan nafas terakhir pada Jumat malam 21 Juni 2024 malam Waktu Arab Saudi (WAS). 

Top Trending: Jembatan Ala Ninja Warrior di Jakarta, Ular Kobra di Celana Dalam

Kabar meninggalnya Saleh bin Zin Al-Abidin diketahui salah satu akun Instagram @marta_pekanbaru_kindness yang kemudian disholatkan usai melaksanakan Subuh pada Sabtu, 22 Juni 2024 pagi di Masjidil Haram. Syekh Saleh Bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi meninggal dunia usai sebelumnya sempat jatuh sakit dalam kurun waktu cukup lama. 

Menurut keterangan putra Saleh Al-Shaibi yakni Abdulrahman Saleh Al-Shaibi, bahwa kondisi sang ayah dalam waktu belakangan ini memang semakin memburuk, namun ia tetap bersabar menghadapi hal tersebut.

Pasangan Suami Istri Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi
Bus Shalawat Berhenti Operasi Dini Hari, PPIH Imbau Jemaah Salat Jumat di Hotel

Kepergian sang pemegang kunci Ka'bah untuk selama-lamanya ini rupanya turut membuat Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merasakan duka yang mendalam. 

"Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi serta seluruh pegawainya menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga almarhum, Syekh Dr. Saleh bin Zain Al -Abidin Al-Shaibi, penjaga senior Ka'bah Suci.” tulis isi ucapan duka yang dilayangkan Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dikutip VIVA.co.id pada Senin, 24 Juni 2024.

Tidak hanya itu, Raja Arab Saudi yakni Salman bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman juga turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya Saleh bin Zain Al-Abidin. Selain itu ucapan duka dan belasungkawa juga turut diungkapkan dari berbagai lapisan masyarakat atas kepergiannya sosok kepala penjaga kunci Ka'bah.

Syekh Saleh Al-Shaibi ini dikenal sebagai sosok pria yang selalu dekat dengan semua orang. Ia juga telah mengabdikan seluruh kehidupannya untuk melayani keluarga. Hal tersebut diungkapkan oleh sang putra, Abdulrahman Saleh Al-Shaibi.

Sebagai informasi, Saleh bin Zain Al-Abidin yang pernah meraih gelar doktor dalam studi Islam ini dikenal sebagai profesor universitas dan penulis sejumlah karya tentang keyakinan dan sejarah. Ia juga merupakan pemegang kunci Ka'bah ke-77 usai penalukkan Kota Mekkah.

Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi sendiri memiliki tanggung jawab semasa tugas yang diembannya. Di mana ia bertanggung jawab untuk membuka dan menutup Ka'bah, membersihkan, memperbaiki Kiswah (Penutup) hingga menyambut pengunjung saat tiba di depan Ka'bah.

Reaksi Warganet

Sepeninggalannya Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, kabar tersebut pun beredar dan masih ramai menjadi perbincangan hingga saat ini dan menuai beragam reaksi warganet di media sosial.

"Innalillahi wainailaihi roji’uun..Insya Allah Husnul Khotimah..Aamiin ya Rabbal Aalamiin," tulis warganet

"Tanda2 kekacau akan di mulai di saudi ❗perebutan. Jabatan... Yaa rabbb ❗ ujian. Mu semakin berat.... Org2 sibuk dgn urusan dunianya," rulis waf

"Innalillahi wainailaihi rojiuun.. insaya.allah khotimah.aamiin ya allah," seru lainnya.

"muslimat allohuma firlahum """"al fatihah amin ya allohu alloh," seru lainnya.

"Innalilahi,baru buat vidio beliau kmren," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya