Viral Penampakan Rumah SOPAN di Bekasi, Puluhan Tahun Tak Pernah Buang Sampah Keluar

Ilustrasi tanaman hias/kaktus.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA – Baru-baru ini media sosial dikejutkan sebuah penampakan rumah paling SOPAN di Bekasi. Bagaimana tidak, penampakan rumah tersebut begitu rapi dan ramah lingkungan jadi sangat nyaman untuk dipandang mata.

Zico Bantah Tuduhan Jadi Perampok yang Curi Brankas Mendiang Goo Hara

Seperti terlihat dari video yang dibagikan oleh akun Instagram @daiitvindonesia maupun kanal YouTube Sahabat Yaici memperkenalkan sebuah rumah ramah lingkungan yang bisa Anda temukan di Bekasi.

Anisa Bahar Diduga Dapat Kiriman Santet, Muncul Gundukan Pasir dan Belatung di Dalam Rumah

Ya, tidak perlu heran kalau dari beberapa waktu lalu di Bekasi ada sebuah rumah yang tidak pernah membuang sampah ke luar selama puluhan tahun. Dimulai dari teras rumah hingga bisa berdampak ke skala nasional, rumah ramah lingkungan ini menjadi sebuah wadah bagi anak bangsa untuk bergerak penuh kontribusi dalam bidang penghijauan dan tata lingkungan.

Viral Aksi Pria Ukur Jarak Jalanan Antar Sekolah dari Rumah, Gegara Anak Tidak Lolos PPDB

Upaya-upayanya termanifestasi dalam wujud nyata, salah satunya di Kampung Sawah, yang sempat memenangkan penghargaan Ecovillage. Rumah SOPAN ini sendiri menjadi wadah yang dibuat oleh salah satu tokoh penggiat lingkungan, yaitu Pak Sony Teguh. 

Rumah ini merupakan tempat pembinaan salah satu organisasi masyarakat yang dibentuk oleh pak Sony dan juga salah satu musisi Indonesia, Iwan Fals yang biasa disebut OI. Dan sebagai tempat pembinaan, rumah SOPAN terlihat penuh dengan pemandangan berwarna hijau seperti banyaknya tanaman serta pepohonan yang ada di dalam rumah tersebut.

Singkatan dari SOPAN sendiri merupakan jargon dari tempat ini yang memiliki makna yaitu Seni, Olahraga, Pendidikan, Akhlak, dan Niaga. Menariknya, kegiatan yang dilakukan di dalam rumah SOPAN ini selalu sejalan dengan jargonnya.

Seperti halnya banyak kegiatan seperti kunjungan dari sekolah-sekolah hingga jual beli bahan tanaman dan kebutuhan lainnya terkait tanaman. Rumah SOPAN ini berada di wilayah Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Reaksi Warganet

Sontak saja penampakan rumah sopan di Bekasi ini pun berhasil mengundang reaksi warganet di media sosial.

"Semua orang bisa memulai,tapi tidak semua sanggup konsisten...hebat banget bapak ini dan keluarganya...kadang2 kalau lihat yang seperti ini merasa malu," tulis warganet.

"Mulai dr lingkungan sendiri aja dulu deh mau dari pot cantik atau bahan bekas sekalipun asal niat konsisten mah jadinya rapih bagus aja yg penting tlaten," tulis lainnya.

"Ini harus diundang jadi narasumber sih. Baik di podcast atau di tv. Biar bisa sharing ilmu nya, cara mengarahkannya, kampanye ke masyarakatnya, biar pada belajar . Baik masyarakat yg masih suka buang sampah sembarangan plus pemerintah yg masih bingung gmn menangani problematika seputar sampah. Kalau kampung ini 20thn bisa ngga buang sampah keluar, seharusnya kampung dan kota lain di Indonesia bisa," tulis lainnya.

"sebagai pecinta lingkungan hidup saya sangat berharap Daai Tv mengudara di Jateng 1 karena saya orang Demak, program-program televisi ini sangat bagus," seru lainnya.

"Masya Allah. Kereeeen. Saya baru belajar memilah dan mengolah sampah. Belum zero waste, tapi volume sampah yg keluar dari rumah sudah berkurang," terang lainnya.

"Keren baget. Rumah idamanku rumah yang hijau dan ramah lingkungan," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya