Viral Video Penumpukan Antrean Imigrasi Membludak di Bandara Soekarno Hatta, Tuai Keluhan Warganet

Situasi antrean di terminal 3 sumber @jesswjk
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

VIVA – Baru-baru ini media sosial dihebohkan sebuah tayangan video yang menampilkan pemandangan para penumpang pesawat sedang mengantre di sebuah bandara. Diketahui dari unggahan video yang viral di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun platform X (Twitter) @Jesswjk ini terlihat penumpukan sejumlah penumpang berdiri mengantre panjang hingga memadati layanan imigrasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Kamis, 20 Juni 2024 sore ini.

Rapat di DPR, Menkominfo Beberkan Kronologi PDNS 2 Diserang Ransomware

Sistem imigrasi bisa down, luar biasa banget," tulis keterangan unggahan video yang dibagikan akun X @Jesswjk.

Budi Arie Sebut Seluruh Dunia Kena Serangan Ransomware

Terjadinya penumpukan penumpang di bandara, membuat pemilik akun mengeluh dan meminta pertanggung jawaban dari pihak yang bersangkutan, yakni Ditjen Imigirasi dengan mention akun X @ditjen_imigrasi.

Sontak saja unggahan yang menyebutkan, bahwa sistem imigrasi tengah mengalami eror pun langsung menuai beragam sorotan warganet di dunia jagat maya. Pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM pun sudah membenarkan terkait adanya gangguan terhadap seluruh layanan keimigrasian di dalam negeri.

Kemenkeu Ungkap Serangan Ransomware ke PDN Ganggu Layanan Pajak Orang Asing 

Ditjen Imigrasi menyebutkan, bahwa terjadinya penumpukan pada penumpang pesawat di bandara Soetta ini imbas adanya masalah pada sistem Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dilihat melalui pengumuman resmi yang diunggah melalui akun Instagram Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, disebutkan bahwa gangguan tersebut mempengaruhi seluruh layanan keimigrasian.

“Saat ini sedang terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) sehingga berdampak pada seluruh layanan keimigrasian,” tulis Ditjen Imigrasi melalui akun Instagram resmi mereka @ditjen_imigrasi yang dikutip pada Kamis, 20 Juni 2024.

Terkait hal ini pihak Ditjen Imigrasi pun berjanji akan segera memberikan informasi lebih lanjut, jika sistem PDN sudah kembali beroperasi dengan normal. Pihaknya juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh masyarakat.

“Kami akan informasikan kembali jika sistem telah beroperasi kembali. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Terima kasih,” tutur mereka.

Reaksi Warganet.

Viralnya video yang baru-baru ini viral di media sosial, khususnya di platform X (Twitter) ini pun sontak menuai beragam reaksi warganet. Tak sedikit  yang mengeluhkan gangguan ini melalui media sosial X (dulunya Twitter).

"infonya pusat data nasional eror. jadi sistem2 data milik gov pada eror semua," tulis warganet.

"Kok yo pas aku di Soetta mayan landing 14.30 baru kelar jam 18.00 Kalo gini gak dapet snack apa gitu? Ngopi ? *ngarep," tulis lainnya.

"Aku masih berharap ini bisa selesai sebelum besok, hari ini sudah rela hanguskan pesanan hotel dan tiket mohon dimaksimalkan agar tidak merugikan warga," kata lainnya.

"Kasian banget orang2 tertahan di imigrasi soekarno hatta 3-4 jam. Sistem gak rusak aja kita selalu antri lama lho!! Setelah itu masih nunggu bagasi yg gak kunjung datang di terminal 3. Tolong dong dibuat backup system yang baik. Turis2 bisa trauma dateng ke negara kita ," seru lainnya.

"Trus bikin langsung manual bisa? Ke kantor imigrasi langsung?" seru lainnya.

"Harusnya ada alternatif lain sih," seru lainnya.

"app M-paspor nya maintenance juga, sejak 3 hari lalu buka sampai hari ini, masih maintenance keterangannya. Gimana ya ini aku ada buat via M-paspor. Belum sempat unduh PDF nya lagi," kata pengguna media sosial lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya