Viral! Niat Berkurban, Aksi Pria Mualaf di Papua Bawa Seekor Babi ke Masjid Malah Tuai Pujian

Hewan babi.
Sumber :
  • Pixabay/Lichtsammler

VIVA – Masih dalam suasana momen Hari Raya Idul Adha, ada saja hal unik dan mengundang perhatian ramai dibagikan ke media sosial. Seperti yang terjadi baru-baru ini viral sebuah tayangan video memperlihatkan aksi seorang pria, yang tiba-tiba datang ke salah satu tempat ibadah umat Muslim dengan membawa hewan yang niatnya untuk disumbangkan pada masjid maupun warga sekitar.

Merinding! Kisah Mualaf Penyanyi Era 2000-an Dapat Hidayah dari Mimpi: Terbujur Kaku Dalam Kubur

Sayangnya bukan sapi ataupun kambing, melainkan hewan lainnya yang ia bawa dan justru dinilai haram bagi umat Muslim jika dengan sengaja mengonsumsinya. Diketahui dari unggahan video yang dibagikan langsung oleh akun TikTok @hinata.shoyo 1441, terlihat seorang pria dengan penuh percaya dirinya datang ke sebuah masjid sambil membawa seekor hewan yang ditaruh di bagian belakang mobil pick up.

Film Pendek ‘O Mrroo Wai Jai’ dan ‘Anak Teladan Kampung Toladan’ jadi Karya Unggulan dari Papua

Alih-alih sapi atau kambing, pria mualaf asal Papua ini justru membawa seekor babi untuk dijadikan hewan kurban untuk ia bagikan pada pihak masjid maupun warga setempat. Di awal video, pria mualaf itu mengungkapkan bahwa babi yang dibawanya itu sengaja diberikan untuk dijadikan hewan kurban kepada salah seorang pengurus masjid.

"Kurban Haji," terangnya.

Anak Muda Papua Bentuk Parpol, Namanya Partai Kasih dan Ini Tujuannya

"Kurban kan?" tanya orang lain yang ada di sekitar lokasi sambil kembali memastikan dengan apa yang dibawanya.

"Iyaa," katanya lagi.

"Alhamdulillah," ujar yang lain menimpali.

Sementara di teras masjid, seorang pria yang dipanggil Pak Ustadz ini pun hanya bisa tertawa setelah melihat ke arah babi yang dibawa oleh pria mualaf asal Papua tersebut.

"Pak Ustad ready?" tanyanya lagi.

"Ready, ini namanya anu," ujar Pak Ustad yang dipotong oleh orang lain.

Seorang pria lainnya pun turut menyapa mulaf tersebut dan mengatakan bahwa hewan babi hanya bisa untuk dijadikan mas kawin untuk menikah. 

"Ini buat mas kawin boleh ini, masuk ini, sudah," kata perekam video. 

Lebih lanjut, perekam video ini pun mengaku bahwa baru kali pertama melihat hewan babi.  Di mana disebutnya babi memiliki kulit belang. "Aku lagek eruh iki loh (aku baru lihat babi pertama ini loh)," ungkap perekam video. 

Seperti diketahui dari dalam video tersebut, tampaknya pria mualaf itu belum tahu jika babi sangat diharamkan dalam Islam. Selain itu, pria yang membawa mobil pick up beserta babi itu diketahui belum paham terkait konsep berkurban, syarat serta jenis hewan apa saja yang boleh maupun tidak diperbolehkan untuk kurban.

Reaksi Warganet

Sontak saja potongan video yang viral di media sosial ini pun viral dan mengundang beragam reaksi warganet. Bahkan, niat baiknya memberikan hewan kurban ke masjid ini pun sukses menyita perhatian publik.

"kalo misalkan babby nya dijual, trus di beliin kambing buat kurban, gimana hukumnya," tulis warganet.

"Kasian bayangin dia udh seneng mau ibadah eh gajadiiiii," tulis lainnya.

"mungkin dianya nanya
"hewan apa yg bisa dikurban?"
"hewan ternak"
yang dia ternak babi,"
seru lainnya.

"Malaikat tersenyum..dan malaikat pun mencatat itu sebagai suatu kebaikan," seru lainnya.

"Harga babi di daerah pegunungan itu mahal kadang sih bisa 20 jutaan jdi kalau dia sampai rela kasih gitu berarti dia tulus," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya