Detik-detik Ketua KPU Isi Khotbah Idul Adha soal Sifat Kebinatangan di Depan Presiden Jokowi

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

VIVA – Baru-baru ini beredar di media sosial sebuah video yang menampilkan momen ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari memberikan khotbah saat shalat Idul Adha. Momen tersebut seperti yang terlihat pada beragam video yang viral di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @infipop.id mengutip kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lemasnya Presiden Jokowi Usai Tahu Gelaran MotoGP Mandalika Butuh 13 Izin

Dalam unggahan Instagram di atas membagikan kutipan ucapan dari ketua KPU saat menyampaikan khotbahnya di Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Surya Paloh Sudah Ketemu Jokowi Ditengah Hiruk Pikuk Pilkada 2024

"Sangat banyak sifat kebinatangan yang terdapat dalam diri manusia," tulis keterangan dalam unggahan di atas dikutip VIVA.co.id pada Kamis, 20 Juni 2024.

Kejebak Macet Dua Hari di Sulawesi, Ratusan Ayam Diangkut Truk Mati Lalu Dibuang ke Jurang

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari pada saat itu menyampaikan khotbah sholat Idul Adha 1445 H yang digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Senin 17 Juni 2024. 

Dalam momen tersebut, terlihat hadir juga Presiden Joko Widodo, Iriana Widodo, serta Menteri Basuki Hadimuljono di masjid yang sama. Pada isi khotbahnya tersebut, Hasyim menyampaikan kisah ketaatan Nabi Ibrahim yang ikhlas mengorbankan Nabi Ismail. 

Ia menyampaikan Idul Adha memiliki dua makna, yakni perbuatan manusia yang harus dilandasi dengan tauhid, iman, dan takwa serta sifat kebinatangan dalam diri manusia yang harus dikorbankan. Hasyim juga mengingatkan agar bisa memetik pelajaran dari momen sucinya Idul Adha, yakni untuk meninggalkan sifat-sifat kebinatangan.

"Sifat-sifat kebinatangan dalam manusia harus disembelih," kata Hasyim dalam khotbahnya.

Menurutnya, banyak sifat binatang yang ada dalam diri manusia, seperti mementingkan diri sendiri, sombong, menganggap dirinya paling benar, menyebarkan informasi tak benar, dan rakus. 

"Sifat tersebut merupakan sifat tercela dalam Islam," katanya lebih lanjut.

Menurut ketua KPU RI ini, sifat-sifat yang telah disebutkannya saat khotbah itu nantinya bisa membawa keretakan dalam kehidupan dalam bermasyarakat. 

"Sifat-sifat itu akan membawa tak keharmonisan dalam hidup dan menjadikan jalan perpecahan dalam masyakarat," sambungnya lagi.

Oleh karena itu, Hasyim menegaskan dan meminta kepada para jemaahnya untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan yang sudah banyak memberikan kesehatan dan kenikmatan.  Dalam momen tersebut juga terlihat sosok Presiden Jokowi serta jemaah sholat Idul Adha lainnya yang tampak serius dan khusyuk mendengarkan khotbah Ketua KPU tersebut.

Reaksi Warganet

Sontak saja viralnya video menampilkan khotbah dari ketua KPU ini pun sukses menyedot perhatian warganet di media sosial.

"Smga yg mndengarkan dberi hidayah oleh Alloh Swt," tulis salah satu pengguna.

"Kok bisa dia? Orang yang tidak amanah kok bisa jd Khotib sholat idul Adha, apakah negara sudah kehabisan stok ustadz yg lebih paham tentang agama Islam dan jelas pendidikan nya di mana, astaghfirullah," tulis warganet.

"Dan orang orang pendukung kezaliman," tulis lainnya.

"salut sama yang membuat pidato nya," terang lainnya.

"Ngk ada orang lain untuk berkhotbah," seru lainnya.

"Langsung ngebayangke nyembelih kaesang," seru lainnya.

"Awas kau. Menyinggung ke dia. Walaupun itu benar semua utk 1 org," tulis lainnya.

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya