Viral Petugas GBK Masukkan Kucing Liar ke Kantong Plastik yang Terikat, Pihak Pengelola Buka Suara

Ilustrasi kucing (foto/pixabay))
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Video yang memperlihatkan seorang petugas Stadion Gelora Bung Karno (GBK) mengevakuasi kucing liar dengan cara memasukkannya ke dalam kantong plastik viral di media sosial.

PDIP Bakal Tutup Bulan Bung Karno di GBK, Begini Rangkaian Acaranya

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @jakartaanimalnetwork (JAAN) pada Senin, 17 Juni 2024.

Dalam video tersebut terlihat petugas berseragam GBK mengambil seekor kucing liar di area stadion. Kucing tersebut kemudian di masukkan ke dalam kantong plastik transparan yang kemudian diikat.

Tebar Promo di JAKIM 2024, BTN Targetkan Pembayaran QRIS Tembus 20.000 Transaksi
Konser Bruno Mars Diadakan di JIS Bukan di GBK, Begini Penjelasan Promotor

Aksi petugas tersebut menuai kecaman dari para pecinta hewan. JAAN dalam unggahannya, menilai cara petugas GBK tidak patut.

"Dear Manajemen GBK, Kami dari lembaga organisasi kesejahteraan hewan mendesak GBK untuk mengevaluasi kegiatan ini, berdiskusi dengan kami untuk Solusi bersama yg terbaik untuk kucing-kucing ini, serta memberikan informasi lokasi kucing-kucing itu berada!" tulis @jakartaanimalidnetwork.

Petugas GBK Dikecam Karena Masukkan Kucing Liar ke Kantong Plastik

Photo :
  • Tangkapan Layar

JAAN menilai, cara relokasi yang dilakukan oleh petugas GBK tidak sesuai dengan standar kesejahteraan hewan.

"Semoga empati pengelola @love_gbk terketuk hatinya dan yuk kita belajar bareng tentang hak asasi, perlindungan dan kesejahteraan hewan,” lanjutnya.

JAAN pun menyarankan agar pihak GBK melakukan sterilisasi terhadap kucing-kucing liar di kawasan GBK sebagai solusi untuk mengendalikan populasinya.

"Jika Anda ingin mengurangi populasi kucing di daerah Anda, satu-satunya solusi yang berkelanjutan dan manusiawi adalah dengan melakukan sterilisasi,” tulisnya.

Menanggapi viralnya video tersebut, pihak pengelola GBK angkat bicara. Melalui akun Instagram @love_GBK, pengelola mengakui bahwa proses relokasi yang dilakukan tidak sesuai standar.

"Kami sangat menyayangkan peristiwa relokasi hewan oleh vendor insekta.id di kawasan GBK yang tidak sesuai standar," tulis pihak pengelola, Selasa, 18 Juni 2024.

Pengelola GBK juga mengaku telah menegur keras vendor insekta.id atas tindakannya yang tidak sesuai prosedur.

"GBK menegur keras pihak vendor akibat tindakan yang tidak sesuai prosedur serta melakukan evaluasi," lanjutnya.

Lebih lanjut, pihak GBK mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan kepeduliannya terhadap kesejahteraan hewan di GBK. Pihaknya juga mengaku terbuka terhadap saran dan masukan dari masyarakat terkait relokasi kucing liar di kawasan GBK.

"Terima kasih kepada #GBKPoeple yang peduli terhadap kesejahteraan hewan (animal welfare) di GBK. Kami sangat terbuka dengan berbagai saran dan perhatian yang ditujukan bagi kami, untuk membangun PPKGBK yang lebih baik lagi," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya