Jemaah Haji Asal Bogor Tidur Berdesakan di Tenda Mina

Jemaah Haji Asal Bogor Terpaksa Tidur Berdesak-desakan di Tenda Sempit
Sumber :
  • Instagram @hazairinsitepu

VIVA – Video protes para jemaah haji asal Bogor mengenai kondisi tenda di Mina memang telah viral di media sosial dan menarik perhatian banyak pihak.

Dua Jemaah Haji Asal Jombang Meninggal Dunia dan Dimakamkan di Tanah Suci

Kondisi yang terlihat dalam video tersebut memang memprihatinkan, di mana para jemaah harus berdesak-desakan di dalam tenda yang sempit

Jemaah Haji Asal Bogor Terpaksa Tidur Berdesak-desakan di Tenda Sempit

Photo :
  • Instagram @hazairinsitepu
25 Jemaah Haji Sakit Dipulangkan Lebih Awal, 7 Ribu Kembali ke Tanah Air Hari Ini

Ukuran tenda 10x12 meter untuk 160 jemaah jelas tidak ideal dan membuat para jemaah merasa tidak nyaman bahkan ada yang terpaksa tidur di lorong karena kekurangan tempat.

Keadaan ini tentu menimbulkan kekhawatiran terkait kesehatan dan keselamatan para jemaah, terutama bagi mereka yang lanjut usia atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Kurangnya ruang gerak dan ventilasi yang tidak memadai dapat berakibat fatal, terutama di tengah cuaca panas di Mina.

27 Ribu Jemaah Haji 2024 Tiba di Bandara Soetta

Tentu saja kondisi ini sangat memprihatinkan dan perlu segera dibenahi. Para jemaah haji asal Bogor dari Kloter 49 Jks di Maktab 44 memiliki hak untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak dan nyaman selama menjalankan ibadah haji.

Asep Kartiwa, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bogor, yang juga merupakan salah satu jemaah dalam kloter tersebut membenarkan kondisi sulit ini. 

Ia menyatakan bahwa para jemaah sudah menyampaikan keluhan kepada ketua kloter dan pihak Maktab 44 sejak pagi, namun hingga malam hari, masalah tersebut belum juga mendapat solusi yang memuaskan.

Menanggapi situasi ini, Kementerian Agama (Kemenag) diharapkan akan menindaklanjuti keluhan para jemaah dan berkoordinasi dengan pihak terkait di Arab Saudi untuk mencari solusi. 

Diharapkan agar situasi ini dapat segera diatasi dan para jemaah haji Indonesia dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya