Viral Diet Tiongkok, Diklaim Ampuh Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Ilustrasi manfaat vitamin D dapat menurunkan berat badan
Sumber :
  • pixabay

TIONGKOK – Cara menurunkan berat badan menjadi solusi paling dicari oleh banyak orang, terutama wanita. Tak sedikit wanita mengeluhkan berat badannya yang sudah melebihi batas wajar. 

10 Minuman dan Makanan Penghambat Penurunan Berat Badan yang Harus Dihindari

Sebenarnya, bukan perkara sulit untuk menurunkan berat badan jika kita tahu cara dan konsisten dalam menjalankannya. Lantas, bagaimana cara tepat menurukan berat badan? Scroll selengkapnya berikut ini.

Baru-baru ini media sosial kembali dihebohkan sebuah tren diet terbaru yang diklaim bisa turunkan berat badan secara kilat yaitu dalam waktu seminggu.  Program diet ala Tiongkok kali ini viral dan ramai diperbincangkan di media sosial. Mulanya diet tersebut viral di platform media sosial China, Xiaohongshu.

8 Buah Tinggi Protein yang Bantu Mempercepat Turunkan Berat Badan

Di mana terdapat seorang wanita berbagai cerita mengenai keberhasilannya dalam menurunkan berat badan. Wanita itu mengaku berat badannya berhasil berkurang hingga 10 kilogram dalam waktu kurang dari seminggu.

Mengutip laman Daily Vanity pada Minggu, 2 Juni 2024 diketahui diet ini berfokus pada pola makan di mana seseorang hanya mengonsumsi satu jenis makanan bernutrisi dalam sehari. Dengan demikian, selama lima hari seseorang akan menyantap satu jenis makanan berbeda setiap harinya.

Diet Intermiten Fasting, Tingkatkan Risiko Kematian?

Berikut ini adalah menu diet Tiongkok yang viral dan berhasil menyita perhatian warganet di media sosial. Penasaran? Yuk simak berikut ini.

Hari Pertama: Telur

Pada hari pertama Anda menjalankan program diet ala Tiongkok, Anda diminta untuk mengonsumsi apapun berbau dengan bahan utama telur.  Anda disarankan mengonsumsi 2-3 telur rebus untuk sarapan, telur ceplok atau dadar untuk makan siang, dan sebutir telur kukus untuk makan malam.

Hari Kedua: Air

Di hari selanjutnya yaitu kedua, Anda diperbolehkan hanya mengonsumsi cairan sepanjang hari. Anda dilarang untuk mengonsumsi makanan padat.

Beberapa minuman yang disarankan di antaranya susu, susu kedelai, yogurt, atau kopi. Usahakan agar minuman tak mengandung gula tambahan. Jadi artinya, Anda harus konsumsi cairan yang rendah maupun tanpan gula. Hindari sejenis minuman tinggi kalori dan gula, seperti milk shake, jus buah, dan lainnya.

Hari Ketiga: Daging Merah

Selanjutnya konsumsi daging, tidak hanya sapi, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan yang berbahan daging mulai dari ayam, sapi, dan lainnya. Untuk menyajikan hidangan satu ini pastikan dengan cara yang sehat seperti direbus, dipanggang, kukus maupun tumis. 

Jangan berikan minyak berlebih dan lemak trans dalam pengolahan. Target diet di hari ketiga ini Anda harus mengonsumsi minimal 600 gram protein dalam sehari.

Hari Keempat:  Buah

Buah, jangan lupa konsumsi buah di hari keempat Anda menjalankan program diet ala Tiongkok. Anda hanya disarankan konsumsi beberapa jenis buah, seperti apel, jeruk, anggur, ceri, semangka, dan buah delima. 

Ingat, Anda juga perlu menghindari buah dengan kandungan gula dan kalori tinggi seperti durian dan leci. Lakukan ini secara konsisten maka Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hari Kelima: Sayuran

Terakhir alias penutup dalam waktu lima hari, Anda disarankan untuk konsumsi sayur dalam waktu seharian. Mungkin melakukan hal tersebut sangatlah tidak menarik, karena asupan nutrisi hanya berupa serat, viramin dan mineral dengan sedikit karbohidrat.

Anda disarankan konsumsi beragam variasi sayuran seperti selada, brokoli, bayam, kangkung, wortel, jagung, jamur, sawi, dan sebagainya. Sebagai catatan, meskipun banyak yang memberikan komentar baik terkait diet ala Tiongkok ini. Tapi Anda tetap perlu berhati-hati dalam melakukannya. Sesungguhnya,Penurunan berat badan jumlah besar dalam waktu yang singkat bukan pilihan yang tepat.

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Tren Diet yang Viral

Tren diet ala Tiongkok ini memang sudah viral dan ramai diperbincangkan oleh warganet di media sosial. Tren diet ini juga diikuti sejumlah para konten kreator di Indonesia.  Seperti salah satunya akun @unadrairham, yang berhasil membagikan program dietnya dalam lima hari di akun TikTok pribadinya hingga sudah ditonton jutaan kali penonton. 

Ia mengungkapkan dalam unggahannyam bahwa dalam lima hari berat badannya berkurang 1,6 kg, jauh lebih sedikit dari yang disebut-sebut bisa berhasil mencapai 10 kg. Selain itu ada juga akun lainnya @macsson yang turut membagikan pengalamannya melakukan diet Tiongkok selama lima hari. 

Dalam unggahan video miliknya, Mac mengaku berhasil menurunkan berat badan 3,6 kg.  Sebagai informasi, bahwa diet Tiongkok belum terbukti secara ilmiah aman bagi tubuh dan efektif dalam penurunan berat badan sehat. Jika ingin mencobanya, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke ahli gizi atau pakar diet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya