Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

ular kuno
  • Istimewa

Gujarat – Ahli paleontologi di Gujarat, India, baru-baru ini menemukan fosil ular terbesar yang pernah ada di dunia. Ular ini, yang dinamakan Vasuki Indicus, dianggap sebagai predator besar yang bisa menandingi ular terpanjang yang pernah hidup di Bumi. Fosil ular raksasa ini ditemukan oleh para peneliti di Indian Institute of Technology Roorkee (IITR).

Gugatan Pembangunan Kantor Kedubes India Dinilai Salah Sasaran, Ini Alasannya

Dilansir dari Daily Mail, Kamis, 25 April2024, Ular tersebut memiliki panjang sekitar 10 hingga 15 meter dan diperkirakan berusia sekitar 47 juta tahun. Penemuan yang menakjubkan ini dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports pada bulan April 2024.

Fosil tulang belakang yang digali di sebuah tambang di India Barat ini diperkirakan memiliki panjang lebih dari dari T-rex.Para ilmuwan menemukan 27 tulang belakang ular tersebut, termasuk beberapa yang masih dalam posisi yang sama seperti saat reptil tersebut masih hidup

Aktor Bollywood Ditangkap di Bandara Soetta, Diduga Selundupkan 3 Hewan Dilindungi

Ilustrasi ular piton.

• Pixabay

.

Bea Cukai Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Tiga Satwa Langka oleh WNA Asal India

Mereka mengatakan ular tersebut terlihat seperti ular piton besar dan tidak berbisa.Tambang lignit tempat fosil itu ditemukan terletak di Panandhro, di negara bagian Gujarat bagian barat.

"Mengingat ukurannya yang besar, Vasuki adalah predator penyergap yang bergerak lambat dan akan menundukkan mangsanya dengan menjepit, seperti anaconda dan ular piton," tulis Debajit Datta, peneliti pascadoktoral paleontologi dan penulis utama studi tersebut.

Kemudian, Ular besar ini hidup pada era Kenozoikum, yang dimulai setelah zaman dinosaurus berakhir 66 juta tahun yang lalu.Vertebra Vasuki terbesar memiliki lebar sekitar 11 cm (4 inci).

Vasuki tampaknya memiliki tubuh silindris yang lebar, mungkin lebarnya sekitar 44cm. Tengkorak dari ular ini tidak ditemukan.Menurut Datta, ular ini mungkin menghabiskan hari-harinya dengan bersantai dan berjalan dengan gerakan yang cukup lambat.

Para peneliti tidak yakin mangsa apa yang dimakan Vasuki. Namun mengingat ukurannya, kemungkinan besar mangsa tersebut termasuk buaya. Fosil lain yang ditemukan di daerah tersebut termasuk buaya dan penyu, serta ikan dan dua paus primitif, yaitu Kutchicetus dan Andrewsiphius.

Vasuki adalah anggota keluarga ular madtsoiidae yang muncul sekitar 90 juta tahun yang lalu, namun punah sekitar 12.000 tahun yang lalu. Ular-ular ini menyebar dari India melalui Eurasia selatan dan ke Afrika utara setelah anak benua India bertabrakan dengan Eurasia sekitar 50 juta tahun yang lalu.

ular kuno

• Istimewa

Ini adalah keluarga ular yang dominan selama tahap akhir zaman dinosaurus dan awal Kenozoikum sebelum keanekaragamannya menurun.

"Orang-orang takut terhadap ular karena beberapa ular berbisa dan memiliki gigitan yang mematikan. Namun, ular mungkin menyerang manusia karena rasa takut, bukan karena niat menyerang," tambah Datta.

Fosil ular raksasa yang ditemukan di India disebut sebagai ular terpanjang yang pernah ada di Bumi. Ular ini diperkirakan mirip dengan ular piton yang membunuh mangsanya dengan menjepit mereka dengan tubuhnya.