China Seharusnya Tidak Ikut Campur dalam Reinkarnasi Dalai Lama

Dalai Lama
Sumber :
  • npr.org

Jakarta – Peneliti senior Center for Indonesian Domestic and Foreign Policy Studies (CENTRIS) AB Solissa menilai Beijing telah mempertaruhkan klaimnya atas suksesi pemimpin Dalai Lama dengan memutarbalikkan sejarah. Siapa yang akan menggantikan pemimpin Tibet, Tenzin Gyatso, yang kini berusia 88 tahun, masih menjadi pertanyaan besar.

Pebulutangkis China Shi Yu Qi Buka Suara Soal Kematian Zhang Zhi Jie

Sejak pendudukan Tibet pada tahun 1950, Partai Komunis Tiongkok terus-menerus memutarbalikkan fakta sejarah untuk mencampuri urusan agama di Tibet. Hal ini termasuk proses pemilihan reinkarnasi Dalai Lama ke-14, Tenzin Gyatso, yang kini berusia 88 tahun dan popularitas internasionalnya telah membuat penderitaan rakyatnya tetap hidup di panggung global.

"Umat ​​​​Buddha percaya bahwa makhluk yang tercerahkan dan guru yang berprestasi mungkin secara sadar mengusulkan untuk dilahirkan kembali demi kepentingan orang lain. Di Tibet, hal ini dikenal sebagai tulku dan sistem ini tertanam kuat dalam budaya keagamaannya. Di antara banyak guru reinkarnasi yang dihormati dan dipuja oleh orang Tibet, Dalai Lama adalah pemimpin spiritual atau lama tertinggi," kata Solissa, Minggu (4/2/2024).

Suku Uighur di Tiongkok: Kisah Penindasan Tak Henti Terhadap Minoritas Muslim

Dalam hal ini, sambung Solissa, Tiongkok mengeluarkan Perintah No. 5 pada tahun 2007 dan Perintah No. 19. Undang-undang ini diduga merupakan pelanggaran berat terhadap Pasal 18 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan Pasal 36 Konstitusi Tiongkok, yang melindungi kebebasan beragama.

"PKT jelas-jelas ateis dan tidak percaya pada konsep kehidupan setelah kematian. Agama adalah racun kata Mao Zedong dalam salah satu pertemuan awalnya dengan Dalai Lama ke-14, pada tahun 1950-an. Segera setelah itu, Tiongkok mulai menghancurkan lebih dari 6.000 biara dan biarawati di seluruh Tibet. Penghancuran patung Buddha, penutupan pusat biara Larung Gar dan Yachen Gar masing-masing pada tahun 2016 dan 2019, serta pembongkaran sekolah Biara Drago pada tahun 2021 hanyalah beberapa contoh penganiayaan agama yang terus berlanjut," terang Solissa.

Respons Pengusaha soal Rencana Bea Masuk 200 Persen untuk Produk China

Solissa menambahkan, dunia juga menyadari hilangnya Panchen Lama ke-11, salah satu tokoh agama terkemuka Tibet, dan bagaimana Tiongkok memasang boneka penggantinya sendiri pada tahun 1995 dan bagaimana Tiongkok memaksa orang Tibet untuk menghormati pemimpin palsu ini.

"Tidak masuk akal bagi Tiongkok untuk mengklaim otoritas atas pemilihan biksu. Melalui dekrit dan proklamasi resmi, dan serangkaian artikel di Global Times, yang merupakan corong Partai Komunis Tiongkok, Tiongkok telah menegaskan otoritas atas sistem reinkarnasi, mempertaruhkan klaim ini dalam praktik kuno," ujarnya.

Gelar dipahami dalam hukum tradisional Tiongkok sebagai pujian kekaisaran. Yaitu gelar kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat Tiongkok kepada para pemimpin sekte agama menurut Global Times. Namun, pernyataan tersebut didasarkan pada pembacaan sejarah yang menyimpang.

"Pertama, sebagian besar gelar ini diberikan pada masa pemerintahan Yuan (1271-1368) dan Qing (1644-1912). Karena kedua dinasti tersebut bukan dinasti Tiongkok, konotasi pemerintahan pusat Tiongkok salah dan di luar konteks: Tiongkok saat itu merupakan wilayah yang diduduki oleh Yuan Mongol dan, selanjutnya, Manchu Qing," ujar Solissa.

Sistem reinkarnasi Dalai Lama dimulai pada abad ke-14 dan ke-15, ketika Dalai Lama ke-2, Gedun Gyatso reinkarnasi dari Dalai Lama ke-1, Gedun Drupa lahir pada tahun 1475. Sistem ini terus berlanjut hingga zaman Tibet saat ini. Pemimpin Buddha dan klaim Tiongkok bahwa mereka telah mengendalikan proses tersebut sejak zaman kuno adalah sebuah kebohongan.

Gelar dalai lama tidak dianugerahkan untuk pertama kalinya kepada Sonam Gyatso, Dalai Lama ke-3, oleh kaisar Dinasti Ming (1368-1644) yang memerintah Tiongkok pada saat itu adalah Altan Khan, raja Mongol, yang setelah menerima ajaran dari Sonam Gyatso memberinya gelar dalai, yang berarti "lautan kebijaksanaan" pada tahun 1578. 

"Pemimpin spiritual tersebut, pada gilirannya, menawarkan gelar dharma raja , atau religius raja kepada Altan Khan. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian gelar kehormatan bukanlah pemaksaan sepihak, namun merupakan proses bilateral, yang dimaksudkan sebagai isyarat niat baik dan kesopanan diplomatik, dalam hal ini antara penguasa Tibet dan penguasa Mongol," sebut Solissa.

Ditambahkan Solissa, pada tahun 1792, ketika Tibet meminta bantuan penguasa Qing untuk mengusir pasukan Gurkha yang menyerang Nepal, kaisar Manchu menulis serangkaian peraturan dalam 29 poin untuk administrasi Tibet yang efektif. Disarankan agar pemilihan reinkarnasi Dalai Lama dan Panchen Lama dilakukan dengan mengambil nama dari guci emas. Namun hal ini lebih berupa nasihat daripada keputusan dan, kecuali untuk pemilihan Dalai Lama ke-11 pada pertengahan abad ke-19, metode ini tidak pernah digunakan.

"Tiongkok baru-baru ini menegaskan bahwa reinkarnasi Buddha hidup harus ditemukan di dalam negeri, dipilih menggunakan guci emas dan mendapat persetujuan dari pemerintah pusat yang menyiratkan bahwa semua yang berada di luar Tibet akan didiskualifikasi. Namun tulku bisa terlahir kembali dimana saja; terserah individu untuk memutuskan. Ada banyak lama yang bereinkarnasi di India, Nepal, Mongolia, Bhutan dan negara-negara lain. Misalnya, Dalai Lama ke-4 lahir di Mongolia dan ke-6 di India," jelas Solissa.

Dalam pernyataannya pada bulan September 2011 , Dalai Lama ke-14 menjelaskan bahwa reinkarnasinya adalah pilihannya dan tidak seorang pun berhak ikut campur di dalamnya. Tujuan reinkarnasi adalah untuk melanjutkan karya spiritual demi kemaslahatan masyarakat, sehingga jika penggantinya lahir di wilayah yang kebebasannya dibatasi, tujuan reinkarnasi akan hilang. Oleh karena itu, reinkarnasi Dalai Lama akan ditemukan di negara bebas.

Pada tahun 2019, perwakilan dari komunitas internasional Tibet dan kepala sekolah agama Tibet bertemu di Dharamsala, India, rumah bagi pemerintah Tibet di pengasingan dan dengan suara bulat meminta Tiongkok untuk tidak terlibat dalam masalah reinkarnasi. Pernyataan serupa juga datang dari kelompok Tibet di Jepang, India, Vietnam dan Eropa.

"Pemerintah Amerika Serikat memperjelas dalam Undang-Undang Kebijakan dan Dukungan Tibet tahun 2020 bahwa campur tangan apa pun dari Tiongkok akan dikonfrontasi di tingkat internasional. Daripada melakukan intimidasi dan ancaman , pendekatan yang lebih hangat dari Beijing akan lebih baik dalam memenangkan hati masyarakat. Mengenai pemilihan Dalai Lama ke-15, hanya penghormatan dan pemahaman terhadap keyakinan orang Tibet yang akan menghasilkan keharmonisan sejati. Sebaliknya, terus mencampuri wilayah spiritual mereka akan semakin menjauhkan mereka dari Beijing," pungkas Solissa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya