Geger Roket Iron Dome Israel Ngadat Hantam Wilayah Sendiri, Netizen: Senjata Makan Tuan

Iron Dome, sistem pertahanan udara Israel menghalau serangan Hamas di Gaza
Sumber :
  • AP Photo/Tsafrir Abayov

VIVA – Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel kembali mengalami kendala saat menghadapi ancaman sejumlah roket yang meluncur. Alih-alih berhasil menangkap roket penyerang, misil dari Iron Dome malah meleset dan menimpa wilayah Tel Aviv.

Nasehati Prilly Latuconsina Agar Tak Salah Pilih Pasangan, Andre Taulany Mendadak Sedih

Video kegagalan sistem pertahanan Israel ini telah menjadi viral di berbagai platform media sosial, menjadi bahan olok-olok banyak pihak.

"Rekaman terbaru dari Tel Aviv memperlihatkan kegagalan intercept dari Iron Dome. Rudal tersebut bergerak tidak terkendali, jatuh, dan mengenai area sekitarnya. Pasukan Israel telah mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki insiden ini dan menilai masalah ini disebabkan masalah teknis," tulis laporan dari Middle East Monitor.

Video 2 Siswi SMP di Konawe Terlibat Adu Jotos Viral di Media Sosial

Insiden kegagalan Iron Dome ini terjadi hanya sebulan setelah senjata pertahanan serupa gagal berfungsi, di mana misil yang seharusnya menangkap roket malah menghantam fasilitas medis di kota Rishon LeZion, selatan Tel Aviv.

Peristiwa ini pun menuai olok-olok dari netizen. Salah satunya di video unggahan VIVA.co.id di platform Youtube. “Alhamdulillah... iron dome bingung rudal mana yg harus di cegat, akhirnya menjatuhkan diri, senjata makan tuan. pemandangan yang indah,” tulis netizen.

Tangis Selebgram Ulya yang Dimarahi dan Diturunkan Sopir Online, Gegara Pilih Paket Hemat

“Sungguh... pemandangan yang sangat indah, yang ditunggu-tunggu oleh ummat manusia seluruh dunia,” timpal netizen lainnya. “Luar Biasa Iron Dom sekarang Udah Sadar, Lajutkan!!!” tambah yang lain.

Iron Dome menggunakan Radar MMR untuk mendeteksi lintasan roket musuh yang masuk. Begitu terdeteksi, pusat komando dan kendali sistem segera mengevaluasi jalur roket serta memproyeksikan area dampak potensialnya.

Selanjutnya, sistem ini menentukan apakah roket musuh dapat mengancam wilayah berpenduduk. Ketika ancaman teridentifikasi, pusat komando memerintahkan peluncur untuk menembakkan misil pencegat dengan harapan dapat menghancurkan roket tersebut secara akurat dan efektif.

Keunggulan Iron Dome terletak pada kemampuan kecerdasan buatannya yang dapat membedakan antara roket yang tidak berbahaya dan yang membahayakan nyawa manusia, sehingga dapat mengalokasikan sumber daya dengan efisien.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya