Bupati Tasikmalaya Minta Maaf Usai Teriak 'Bantu Israel' di Aksi Bela Palestina

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto minta maaf
Sumber :
  • Instagram: @fakta.beriita

Tasikmalaya – Bupati TasikmalayaAde Sugianto menyampaikan klarifikasi sekaligus permintaan maaf usai diduga salah ucap saat melakukan orasi dalam Aksi Bela Palestina di halaman Masjid Baiturrahman, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Sabtu, 18 November 2023.

Strategi Bupati Nina Agustina Tingkatkan Ekonomi Indramayu Lewat Kawasan Industri

Klarifikasi dan permintaan maaf tersebut disampaikan Ade Sugianto melalui akun YouTube pribadinya pada Minggu, 19 November 2023 lalu.

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto saat orasi di Aksi Bela Palestina

Photo :
  • Instagram: @fakta.beriita
Kekurangan Bahan Bakar, Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza Utara Segera Berhenti Beroperasi

“Saya Ade Sugianto, dalam kesempatan yang baik ini ijinkan saya menyampaikan pelurusan atas penyampaian akhir dari orasi Bela Palestina yang terjadi pada Sabtu, 18 November 2023 di halaman Masjid Baiturrahman,” ucapnya

“Seharusnya saya menyampaikan ‘bangkit, bersatu dan berdoa membantu Palestina’ namun saya keseleo lidah justeru terbalik, yang saya sampaikan di akhir orasi itu adalah ‘bangkit, bersatu, berdoa membantu Israel’ ini sangat terbalik dengan yang saya maksud,” sambungnya.

AS Sudah Pasok 10 Ribu Bom dan Rudal untuk Israel sejak Konflik Pecah Gaza

Ade menegaskan ia tidak bermaksud menyampaikan hal itu, apalagi merencanakannya untuk diucapkan. Ia mengaku ucapan tersebut keluar tanpa disadari.

“Itu kembali kepada kelemahan dan kesalahan saya, untuk itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada ulama, warga Indonesia khususnya warga Tasikmalaya,” tuturnya.

Terakhir, Ade manyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang sudah menegur dan memberinya peringatan ihwal persoalan ini.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, Ade Sugianto terlihat menyampaikan orasi di atas panggung dan disaksikan ribuan peserta aksi. Sejak awal Ade tampak menggebu-gebu menyampaikan orasinya yang sangat mendukung kebebasan Palestina.

Ribuan warga mengikuti aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kawasan Monas, Jakarta, Minggu, 5 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Bayu Pratama

Ade Sugianto berteriak “Palestina” lalu diikuti teriakan massa “Merdeka”. Dia melanjutkan dengan menyebut “Israel” disusul dengan teriakan “hancurkan” dari massa aksi.

Namun, di akhir orasi, Ade diduga keserimpet alis salah ucap. Berniat ingin mengatakan ‘Bersatu membantu Palestina’, ia malah mengatakan ‘bersatu membantu Israel’.

Akibat salah ucap tersebut, dalam waktu singkat video yang menampilkan momen Ade Sugianto teriak ‘bantu Israel’ itu viral di media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya