6 Fakta Pembunuhan Ibu dan Anak dalam Alphard di Subang, Pelakunya Suami Sendiri

Ilustrasi pembunuhan
Sumber :
  • Pixabay

Subang – Misteri pembunuhan ibu dan anak di Subang akhirnya menemui titik terang dan polisi telah menetapkan 5 orang tersangka dalam kasus pembunuhan tersebut. Kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Sari ini terjadi pada 18 Agustus 2021 di Subang, Jawa Barat. 

Penculikan Bocah di Jakpus oleh Ibu Kandung Berakhir Damai

Kedua jasad ibu dan anak tersebut ditemukan tewas dalam bagasi mobil Alphard mereka yang terparkir di garasi rumah. Rumah mereka itu berada di Dusun Ciseuti, Desa Jalan Cagak, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Berikut fakta selengkapnya. 

1. Pelaku dan Perannya dalam Pembunuhan Tersebut

Ngeri, Gas 3 Kilogram Meledak, 1 Orang Tewas Terjebak di Kamar Mandi

Ilustrasi pembunuhan

Photo :
  • Pixabay

Direktur Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Pol Surawan mengatakan peran dua tersangka atas nama M. Ramdanu (MR) dan Yosep Hidayah (YH) dalam kasus pembunuhan ibu dan anak tersebut diduga kuat sebagai pelaku utama. 

Viral Pemuda 21 Tahun Dikeroyok Debt Collector di Pasar Kemis Tangerang, Begini Kronologinya

Kombes Surawan juga mengatakan bahwa pelaku pembunuhan tersebut diduga kuat adalah Yosep Hidayah yang tidak lain adalah suami korban dan ayah dari Amalia Mustika Sari. Hal ini karena polisi menemukan bercak darah di baju pelaku dan kini Yosep sudah ditahan. 

"Ada bukti kuat terhadap YH, orang tua korban (Amalia) suami Tuti. Ada bercak-bercak darah di bajunya, dengan bukti yang cukup kuat. Dugaan YH sebagai pelaku maka dilakukan penahanan, karena dari keterangan MR bahwa baju yang digunakan saat malam itu YH mengajak MR ke TKP,” kata Kombes Surawan. 

2. Setelah Dua Tahun Baru Terungkap

Ilustrasi pembunuhan.

Photo :
  • Istimewa.

Kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang itu sempat menjadi kasus yang menghebohkan publik. Bagaimana tidak, pengungkapan kasus pembunuhan ini molor hingga dua tahun dua bulan sampai akhirnya bisa terungkap baru-baru ini. 

Hal ini bermula dari M Ramdanu alias Danu yang merupakan keponakan Tuti Suhartini menyerahkan diri ke pihak berwajib dan mengaku terlibat dalam kasus pembunuhan itu. Pada saat itu, kedua korban ditemukan tewas di bagasi mobil Alphard di halaman rumah korban. 

3. Polisi Menetapkan Lima Tersangka

Lokasi peristiwa pembunuhan ibu dan anak di Kabupaten Subang, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA/Instagram/@subangstory

Selama beberapa bulan terakhir polisi bekerja keras untuk bisa mengungkap kasus pembunuhan tersebut. Polisi juga melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi. Hingga Dirkrimum Polda Jawa Barat menetapkan lima orang tersangka dalam kasus tersebut. 

"Dari MR kita mendapatkan beberapa orang yang menurut dia sebagai pelaku dan dilakukan penangkapan. Dari empat orang ini sudah ditetapkan tersangka dan lima termasuk MR. Kita tahan dua orang yaitu YH dan MR, sementara tiga tersangka lainya M, A, dan A tidak ditahan. Wajib lapor," kata Direktur Kriminal Umum Polda Jabar, Kombes Pol Surawan. 

4. Korban Ditemukan Setengah Telanjang

Polisi olah TKP pembunuhan ibu dan anak di Subang

Photo :
  • tvOne

Saat pertama kali ditemukan dalam bagasi mobil mewahnya, jasad Amalia berada di atas jenazah sang ibunda. Posisinya terlentang dan setengah telanjang, saat itu korban hanya mengenakan celana training sedangkan bagian atasnya terbuka. 

Menurut hasil autopsi dari pihak berwajib, ada bekas kekerasan benda tumpul di bagian kepala Amalia yang menyebabkan patah bagian tulang tengkorak, memar, dan hancurnya sebagian otak. Selain itu, ada pula sejumlah luka di bagian wajah korban. 

5. Pernah Ditangani dr Sumy Hastry

Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Polwan ahli forensik pertama, dr Sumy Hastry Purwanti sempat mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang melakukan autopsi kedua terhadap jasad Amalia dan Tuti setelah 40 hari pasca kejadian. Karena waktu yang lama, ada tantangan tersendiri saat itu. 

"Tapi memang kita mencocokan juga dari cara kematian dan mekanisme kematian, murni dari kekerasan benda tajam. Tinggal saya mencari sesuatu di tubuh para korban dan itu tidak akan ditemukan, karena proses pembusukan itu," ujar dr Hasty yang dilansir Youtube Anjas Asmara. 

6. Kepala Amalia Dibenturkan Pelaku Lain

TKP pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat

Photo :
  • tvOne

Polisi pun kini telah menemukan titik terang soal pelaku pembunuhan sadis tersebut. Dua tersangka yaitu Danu alias MR dan Yosep Hidayah alias YH sudah ditahan. Sedangkan tiga orang lainnya tidak ditahan dan diberlakukan wajib lapor. 

"Dari MR, dia pertama diminta oleh YH menemani ke TKP ke rumah korban dia menunggu di garasi ini pengakuannya. Dia diminta mengambil alat golok," ungkap polisi seperti dilansir dari tvonenews.com pada Kamis, 19 Oktober 2023. 

Tapi, setelah mengambil golok, MR mengaku tidak mengetahui eksekusi yang dilakukan pelaku kepada korban. Setelah mendengar teriakan Amalia, MR masuk ke dalam rumah dan melihat pelaku lain membenturkan kepala Amalia ke dinding. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya