Mengungkap Kecepatan Shinkansen Jepang, Jadi Kereta Cepat Pertama di Dunia

Shinkansen Seri E5
Sumber :
  • jamaipanese.com

Jepang – Kereta Shinkansen, yang juga dikenal sebagai "bullet train," adalah salah satu simbol teknologi transportasi Jepang yang paling ikonik. Dikenal dengan kecepatan luar biasa dan ketepatan waktunya, Shinkansen telah menjadi sarana transportasi yang sangat penting di Jepang. 

Bursa Asia Meriah, Kebahagiaan Investor atas Data Inflasi Jepang Jadi Pendorong

Kereta dengan kecepatan tinggi itu juga menjadi contoh keberhasilan dalam bidang perkeretaapian modern. Dalam artikel ini, akan membahas berapa kecepatan kereta Shinkansen dan bagaimana teknologi ini telah mengubah cara orang berpergian di Jepang.

Sejarah Singkat Shinkansen

Hadirkan Inovasi Teknologi Terkini, Ratusan Perusahaan Hadir di Jade 2024

Kereta Shinkansen

Photo :
  • VIVA.co.id/ Zaky Al-Yamani

Sebelum kita membahas kecepatan Shinkansen, penting untuk melihat sejarahnya. Shinkansen pertama kali diresmikan pada tahun 1964 sebagai "Tokaido Shinkansen" atau "Shinkansen Tokaido Line" yang menghubungkan Tokyo dengan Osaka. Ini adalah jalur Shinkansen pertama di dunia, yang menandai awal era baru dalam perjalanan cepat di atas rel.

Integrasi Teknologi dan Pendidikan untuk Mendongkrak Kualitas SDM

Kecepatan Shinkansen

Shinkansen terbaru di Jepang.

Photo :
  • http://japan.goodpaste.com

Salah satu hal yang paling mengesankan tentang Shinkansen adalah kecepatannya. Meskipun terdapat berbagai model dan varian Shinkansen, mayoritas kereta Shinkansen beroperasi pada kecepatan komersial yang mencapai 240-320 kilometer per jam (149-199 mil per jam). Namun, beberapa varian terbaru telah mencapai kecepatan lebih dari 360 kilometer per jam (224 mil per jam).

Teknologi yang Membuat Kecepatan Ini Mungkin

Shinkansen Seri E5

Photo :
  • jamaipanese.com

Kecepatan luar biasa Shinkansen tidak hanya didukung oleh mesin yang kuat, tetapi juga oleh teknologi canggih yang memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Beberapa teknologi utama seperti gauge seperti pesawat terbang. Shinkansen berjalan di atas jalur dengan lebar sepertiga lebih besar dari kereta konvensional. 

Kemudian ada pula sistem pemantauan otomatis yang menjadi sistem canggih memantau rel dan kondisi cuaca, dan dapat menghentikan kereta dalam hitungan detik jika ada ancaman seperti gempa bumi atau cuaca buruk. Kereta ini didukung dengan bodi aerodinamis untuk meminimalkan gesekan udara. 

Lalu, ada juga suspensi aktif yang membantu menjaga stabilitas pada kecepatan tinggi. Menariknya, selain model Shinkansen berbasis rel, Jepang juga mengembangkan kereta maglev (magnetik levitasi) yang beroperasi tanpa kontak dengan rel dan mencapai kecepatan lebih dari 500 kilometer per jam (311 mil per jam).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya