Viral Video Telur di Dalam Telur, Ini Kata Ahli Ternak Unggas

Viral video telur di dalam telur
Sumber :
  • Tiktok

Jakarta – Umumnya telur ayam apabila dipecahkan maka akan mengeluarkan albumen berwarna putih dan yolk berwarna kuning.  Namun, beda halnya dengan telur ayam yang satu ini.

Viral Video Polisi Diduga Terima Uang Damai saat Mau Tilang Pemotor di Jaksel

Dilihat melalui video yang dibagikan akun TikTok @bundanengs, terlihat ada satu telur ayam berukuran sedikit lebih besar dari ukuran normal.

Akibat ukurannya yang tidak normal itu, pemilik akun pun berinisiatif merekam momen saat ia memecahkan cangkang telur tersebut.

Heboh! Bakal Ada Pemilihan Ratu Transgender di Gorontalo, Polisi Ungkap Faktanya

Ketika perekam video memecahkan cangkangnya, nampak selain albumen dan yolk, di dalam telur ayam itu ada satu lagi telur ayam utuh yang masih diselimuti cangkang keras seperti pada umumnya.

Viral 2 Pria Kepergok Curi Besi di Halte Busway hingga Lantai Tinggal Kerangka, Netizen Murka

“Ih kok di dalemnya ada lagi, itu lhat, di dalamnya ada lagi. MasyaAllah, ini kebesaran Allah,” kata perekam video seperti dilihat Selasa, 20 Juni 2023.

Adapun sejak artikel ini dibuat, video tersebut telah disaksikan lebih dari 4,8 juta kali, disukai 228,9 ribu dan dipenuhi 3.268 komentar. Lantas bagaimana penjelasannya secara ilmiah?

Saat dikonfirmasi, Dosen Departemen Ilmu Ternak Unggas Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Heru Susanto mengatakan, kasus seperti itu dinamakan egg in egg.

Menurutnya, kasus serupa seperti dalam video viral itu merupakan hal yang jarang terjadi dan termasuk abnormalitas.

"Jarang terjadi, tapi di dunia perunggasan itu merupakan abnormalitas. Ada double yolk, egg in egg, dan lain-lain," kata Heru kepada wartawan, Selasa 20 Juni 2023.

Viral video telur di dalam telur

Photo :
  • Tiktok

Kemudian dia menjelaskan, terjadinya egg in egg ini dikarenakan adanya kontraksi kontra peristalti di uterus saat proses pembentukan telur. Karena kontraksi itu, telur kemudian masuk kembali ke dalam magnum.

Selanjutnya, telur itu mengalami proses bersama dengan ovulasi kuning telur berikutnya, lalu, kedua telur bersama-sama dibalut putih telur dan masuk ke uterus untuk dilapisi dengan cangkang.

Menurut Heru, hal demikian bisa terjadi ketika ayam yang hampir bertelur dikejutkan oleh sesuatu yang luar biasa. “Saat mau keluar, telurnya masuk lagi sampai magnum karena ayamnya terkejut," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya