Takjub dengan Pengobatan Ida Dayak, Hendropriyono: Ini Sesuatu Hal Ajaib

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI Purn Hendropriyono
Sumber :
  • Instagram

VIVA Trending – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI Purn Hendropriyono turut menyoroti pengobatan alternatif yang dilakukan Ida Dayak. Menurutnya pengobatan tersebut dapat dianggap sebagai bentuk kearifan lokal yang patut dilestarikan.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Hendropriyono bahkan mengaku ingin menjajal secara langsung pengobatan ajaib yang dilakukan Ida Dayak dengan mengundang wanita asal Kabupaten Paser, Kalimantan Timur itu ke kediamannya.

“Ini adalah salah satu bentuk kearifan lokal, yang saya lihat sudah viral dan saya ingin lihat buktinya dengan saya bawa ke rumah dan tetangga-tetangga pada berobat,” ujar Hendropriyono dikutip dari akun Instagram @kilat.media Senin, 3 April 2023

Mutasi Besar TNI, Jenderal Anton Dimutasi dari Kostrad Diganti Eks Komandan Brigif Trisula

Ida Dayak dan segala aksinya yang ajaib

Photo :
  • Polres Bogor

Pria 77 tahun itu mengatakan, apabila pengobatan yang dilakukan Ida benar-benar terbukti bisa menyembuhkannya, maka, kata dia pengobatan itu dapat diangkat sebagai tradisi untuk ditunjukkan kepada dunia internasional.

Pilkada Jateng Dianggap ‘Perang Bintang’, KSAD Maruli: Kalau Sudah Pensiun Tak Ada Komandonya Lagi

“Kalau ini nanti terbukti semua bahwa bisa menyembuhkan, ini sesuatu hal yang ajaib, yang harus kita angkat sebagai salah satu tradisi yang unggul ke dunia internasional,” jelasnya

Lebih lanjut, mertua Jenderal Andika Perkasa itu juga menilai pengobatan alternatif ini patut untuk diberi ruang, sehingga masyarakat tidak lagi percaya kepada pengobatan takhayul yang selama ini beredar.

Bagi Hendropriyono pribadi dia mengakui sangat terpukau dengan pengobatan alternatif yang dilakukan Ida Dayak yang ia saksikan langsung hari ini di Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat.

"Jangan cuma dukun dukun palsu takhayulan itu yang diangkat, tentu nggak akan diakui internasional. Ini memang buat saya masih sulit untuk dipecahkan dari mana bisa gitu kok sembuh," kata dia

Melalui YouTube Petualangan Ibu Dayak, dihadapan awak media dan Hendropriyono, Ida Dayak dengan aksinya berhasil membuktikan seluruh pasien yang ia tangani menjadi sembuh.

Mulai dari yang tidak bisa berjalan, tulang tangan yang sulit untuk diluruskan hingga beberapa pasien yang kesulitan untuk berbicara.

Metode yang digunakan Ida Dayak dalam mengobati pasiennya adalah dengan cara mengoleskan sebuah cairan merah ke seluruh tubuh pasien kemudian diurut. Dia sama sekali tak menggunakan alat bantu medis. Diketahui, cairan merah itu adalah minyak tradisional asli suku Dayak.

Ida Dayak juga memiliki tampilan khas dengan pakaiannya, yaitu memakai pakaian adat Suku Dayak saat mengobati pasien. Selain itu, dalam pengobatan alternatifnya, Ida Dayak juga menghadirkan tarian khasnya yang menambah kesan ajaib dalam proses penyembuhan pasien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya