Hebat! Raih 10 Emas, Indonesia Berhasil Pertahankan Gelar Juara Umum Turnamen Para Badminton International

Pasangan ganda campuran SL 3 – SU 5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila meraih juara Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 di Edutorium UMS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Indonesia kembali menunjukkan dominasinya dalam ajang Hydroplus Indonesia Para Badminton Internasional 2024.

Tim Merah Putih Berpeluang Besar Pertahankan Gelar Juara Umum Indonesia Para Badminton International 2024

Dalam kompetisi yang berlangsung di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Solo, Jawa Tengah, pada Minggu, 22 September 2024, tim Merah Putih mempertahankan gelar juara umum untuk ketiga kalinya berturut-turut. Prestasi ini diraih dengan menyabet 10 medali emas dari total 20 kategori yang dipertandingkan.

Margareta Sianne, Senior Brand Hydroplus menyampaikan ucapan selamat kepada para atlet yang berhasil meraih kemenangan. Ia berharap pencapaian ini dapat menjadi batu loncatan untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan.

Atlet Asing Puji Turnamen Indonesia Para Badminton International 2024 yang Wah

“Semoga prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk meraih pencapaian yang lebih tinggi di panggung internasional. Bagi yang belum meraih kemenangan, semoga pengalaman ini bisa menjadi pelajaran penting untuk mengembangkan bakat dan kemampuan, sehingga bisa tampil lebih tangguh di kejuaraan mendatang," ungkap Margareta di Edutorium UMS, Minggu, 22 September 2024.

pasangan Indonesia di turnamen Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 di Edutorium UMS.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)
Keren, Aisha Anak Irfan Hakim Dapet Medali Emas di PON 2024

Senada dengan hal tersebut, Yuni Kartika, Deputy Manager Bakti Olahraga Djarum Foundation, mengungkapkan apresiasinya terhadap perjuangan tim Indonesia. Mantan juara Piala Uber 1994 ini menekankan bahwa keberhasilan ini merupakan indikasi positif bagi perkembangan ekosistem para bulu tangkis di tanah air.

“Tim Indonesia tidak turun dalam kekuatan penuh karena masih ada beberapa atlet yang recovery usai tanding di Paralimpiade Paris, sehingga ada beberapa pemain baru yang diterjunkan dalam turnamen ini. Tapi ternyata, para atlet berhasil memenuhi target,kembali menjadi juara umum. Ini menunjukkan roda ekosistem dan regenerasi berjalan baik sehingga di masa mendatang kita berharap Indonesia semakin digdaya melalui cabang olahraga ini,” ujar dia

Sementara itu, Senny Marbun, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mengatakan pencapaian Indonesia menjadi juara umum di turnamen yang juga didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation ini diharapkan dapat terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Ia juga berteima kasih atas terselenggaranya turnamen yang sangat luar biasa.

“Saya pun yakin atlet-atlet dari seluruh dunia akan senang dan bangga untuk berpartisipasi. Selamat kepada seluruh atlet yang sudah menjadi juara dan teruslah berlatih keras untuk menggapai banyak kesuksesan di masa depan.  Saya pun yakin atlet-atlet dari seluruh dunia akan senang dan bangga untuk berpartisipasi.,” ujar Senny.

Jalannya pertandingan di babak final, raihan kemenangan tim Indonesia dibuka oleh Ganda Campuran SL 3 – SU 5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila yang pada babak final bertemu dengan pasangan Indonesia lainnya, Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah. Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila yang berstatus unggulan pertama mengunci gelar juara lewat pertarungan dua gim dengan skor 21-12,21-10 sekaligus mempertahankan gelar yang sudah dimenangi tahun lalu.

“Pertandingan final berjalan lancar, sesuai harapan, kami bisa menang dengan baik. Ini adalah keberhasilan kedua kami menjadi juara di Indonesia Para Badminton dari nomor Ganda Campuran SL 3 – SU 5. Sebelumnya kami juga meraih medali emas di Indonesia Para Badminton 2023. Kami senang dapat memberikan sumbangsih demi kejayaan Tim Merah Putih di pentas Internasional,” kata Ratri.

Pasangan peraih medali emas Paralimpiade Paris 2024 itu juga berharap kesuksesan mereka di Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 dapat menjadi inspirasi dan motivasi buat seluruh pemain-pemain bulu tangkis Tanah Air. “Dengan adanya turnamen bergengsi yang diselenggarakan di Indonesia dan kesuksesan yang kami raih, semoga atlet-atlet para badminton lain semakin bersemangat untuk lebih giat berlatih dan bisa menambah jam terbang di turnamen level internasional,” tambah Hikmat.

Keberhasilan mendulang medali emas di turnamen para badminton ini dan memuluskan upaya keluar sebagai juara umum untuk ketiga kalinya juga disumbangkan Subha. Atlet Tunggal Putra SH 6 itu mendapat perlawanan tangguh dari wakil India, Sivarajan Solaimalai, dalam pertarungan dua gim dengan skor 21-19,21-15. Kepastian menjadi kampiun merupakan keberhasilan kedua Subhan di Indonesia Para Badminton karena sebelumnya ia juga pernah menjadi juara pada 2022.  

“Sivarajan Solaimalai lawan yang bagus karena saya sudah beberapa kali melawan dia di ajang Internasional. Bahkan, di final saya cukup grogi dan terlambat panas sehingga sempat tertinggal di awal pertandingan. Namun, Saya baru mulai panas, mengontrol dan mengatur irama permainan di pertengahan gim pertama. Alhamdullilah saya bisa menjadi juara di rumah sendiri dan memenangi gelar juara kedua di Tunggal Putra SH 6 Indonesia Para Badminton. Saya ingin mempersembahkan medali emas ini untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ucap Subhan dengan penuh rasa syukur.

Sementara itu, India menjadi negara kedua yang mengumpulkan medali emas terbanyak di HydroplusIndonesia Para Badminton International 2024 dengan raihan 6 emas.

Salah satunya disumbangkan dari kategori Ganda Campuran WH 1 – WH 2 yang diwakili pasangan Prem Kumar Ale/Alphia James. Mereka berhasil menggagalkan upaya Indonesia untuk menambah medali emas dari nomor ini usai mengalahkan pasangan Agung Widodo/Katarina Dwi Putri Kristianti dengan kedudukan akhir 21-11,21-9.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya